News
Minggu, 26 Oktober 2014 - 16:40 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Inilah Menteri Bappenas Andrinof Chaniago

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Andrinof Chaniago (Antara)

Solopos.com, SOLO – Kabinet bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperkenalkan ke hadapan publik, Minggu (26/10/2014). Andrinof Achir Chaniago yang disebut-sebut bakal memimpin Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam daftar para pembantu dalam pemerintahan Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Andrinof Chaniago lahir di Padang, Sumatra Barat, 3 November 1962. Ia aktif sebagai ketua umum Perhimpunan Survei Indonesia dan pendiri sekaligus direktur eksklusif Cirus Surveyors Group.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Minggu (26/10/2014), saat ini Andrinof bekerja sebagai seorang dosen Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) mengampu mata kuliah Ekonomi-Politik program pendidikan S1 maupun S2. Bergabung dengan beberapa peneliti lain, Andrinof mendirikan Center for Indonesian Regional and Urban Studies (CIRUS) di tahun 1999.

Sejak menjadi mahasiswa untuk duduk belajar di bangku perkuliahan S1 program studi Ilmu Politik, FISIP UI, Andrinof dikenal sebagai mahasiswa yang aktif, ia pernah menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI dan kemudian Ketua Umum Senat Mahasiswa UI. Setelah lulus S1, ia melanjutkan pendidikan S2 pada Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik dari FE UI, lalu Diploma The National Development Courses dari Fu Kang College, Taipei, Taiwan tahun 2004 dan S3 Ilmu Filsafat UI.

Andrinof Chaniago beberapa kali menuangkan hasil pemikirannya dalam bidang politik melalui beberapa buku. Beberapa di antaranya berjudul Dampak Kenaikan Harga BBM pada Kelompok Masyarakat Near Poor Komuter di Bodetabek (2006), Upaya Inovasi Sistem Rekrutmen CPNS Pasca-Orde Baru (2006) dan Profesionalitas dan Netralitas Birokrasi: Menuju Daya Saing Ekonomi Daerah (2007).

Advertisement

Pria berusia 51 tahun ini menjadi seorang penggagas Visi Indonesia 2033, yang menawarkan konsep penbangunan menuju negara maju pada tahun 2033 mendatang. Berkat prestasinya, Andrinof ditujuk oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggantikan Armida Alisjahbana yang kini telah berakhir masa jabatannya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif