Young
Minggu, 26 Oktober 2014 - 01:00 WIB

HOBI BACA : Buku, Hiburan atau Siksaan?

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas di perpustakaan (smapas7bdg.blogspot.com)

Perpustakaan – Ilustrasi (smapas7bdg.blogspot.com)

Hai Sobat Gaul! Suka baca buku enggak? Wah, kayaknya jawabannya macem-macem nih. Coba simak, yuk!
Advertisement

Nabila Prasya Fatika, siswi Kelas XI MIA 4 SMAN Karangpandan ini mengaku sangat suka membaca buku. Saat lelah atau bosan, ia pun membicara untuk menghilangkannya. Dia suka ketika emosinya terbawa suasana dalam cerita. Buku yang paling disukainya adalah buku yang berisi kehidupan nyata atau tentang percintaan. Jingga dan Senja karya Esti Kinasih adalah novel pertama yang ia baca dan karena novel itu ia suka membaca. “Aku suka sama buku itu karena ceritanya bagus, susah ditebak jalan ceritanya, apalagi itu kan trilogi, jadinya bikin penasaran buat baca dua buku yang lainnya,”paparnya.

Hal yang sama dirasakan Dinda Moneta Putri yang menggemari buku-buku biografi atau kisah hidup orang-orang. Dia mengaku termotivasi oleh buku-buku yang dibacanya. Siswi Kelas XI IIS 2, SMAN Kerjo, Karanganyar ini punya buku biografi kesayangan yaitu biografi Dahlan Iskan. Dia bahkan sangat menghayati cerita perjalanan hidup mantan wartawan yang lantas jadi Menteri BUMN itu. Saking terbawanya, cewek yang biasa dipanggil Dinda ini bisa sampai menangis, hlo!

Berbeda dengan dua teman satu sekolahnya ini, Yulita Eka Nur Hidayah, siswi Kelas XI MIA 2 SMAN Kerjo, Karanganyar, mengaku sangat tak suka membaca. Bosan, begitu alasannya. “Membaca itu bikin ngantuk,” ujarnya. Yulita lebih suka mendengarkan dari pada harus membaca. Kalaupun memang harus dipaksa untuk membaca, ia akan merasa setengah hati melakukannya dan sering tidak memahami apa yang ia baca.

Advertisement

Lain lagi Hosea Efrangga. Cowok yang satu ini lebih suka dengan buku-buku komik. “Selain komik aku males baca,” tutur siswa Kelas XI H2, SMK Kesatriyan Surakarta ini. Dia memilih komik karena lebih banyak gambar daripada tulisannya, jadi dia lebih merasa enjoy dan leluasa berimajinasi seolah-olah masuk dalam cerita tersebut.

Sikap ogah baca buku ternyata juga menghinggapi Prastama Surya Nirwangga siswa Kelas XI Ismail SMA ABBS Solo. “Bikin jenuh,” sergahnya saat ditanya Wasis belum lama ini. Tama berdalih banyak buku saat ini yang buatnya kurang menarik sehingga membuatnya malas membaca. “Novel zaman sekarang hanya gitu gitu aja, tidak ada perkembangannya. Aku jadi malas deh,” katanya.

Untung aja, Enindia Putri yang duduk di Kelas XI SMAN 6 Solo tak ketularan sikap malas membaca. Bahkan dia mengaku sejak TK sudah suka membaca. “Kegemaranku muncul ketika aku membaca salah satu buku cerita petualangan yang amat menarik. Dari situlah aku jadi gemar membaca,” kata cewek yang kini sedang demen banget baca novel bertema misteri ini. (Hapy/Isna/Priscila-Wasis)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif