News
Minggu, 26 Oktober 2014 - 08:15 WIB

BCA Kucurkan Kredit Rp25 M untuk Pedagang Beringharjo

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Harianjogja.com, JOGJA– BCA memberikan program kredit khusus bagi para pedagang Pasar Beringharjo. Dengan kredit tersebut diharapkan para pedagang UKM bisa melangsungkan bisnisnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Jogja, Maryustion Tonang mengatakan, pemberian kredit tersebut bertujuan untuk pengembangkan pasar Beringharjo. Pasalnya, secara bisnis, para pedagang tidak bisa lepas dari perbankan.

Advertisement

“Dana yang dikucurkan besarnya mencapai Rp25 miliar. Anggaran tersebut dapat dimanfaatkan bagi 8000-an pedagang pasar yang ada di Beringharjo,” ujar dia usai penandatanganan MoU Pemberian Kredit di antara BCA dan Dinas Pasar di Sahid Rich Hotel.

Untuk mendapatkan kredit, para pedagang harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas. Sebab dinaslyang akan melakukan verifikasi kelayakan para pedagang. Menurut dia, kebutuhan kredit pedagang pasar Beringharjo cukup besar sehingga tawaran kerjasama dengan pihak perbankan terus berdatangan.

“Ya, ini untuk membantu kredit UKM di Pasar Beringharjo. Pola ini dilakukan agar para pedagang tidak menggunakan kredit dari lembaga-lembaga yang memberikan kredit dengan bunga mencekik,” jelas Maryustion.

Advertisement

Sementara, Kepala BCA KCU Jogja Sabar Purnomo menjelaskan, Beringharjo dipilih karena menjadi ikon Jogja.Dia menjelaskan kredit yang dikucurkan pada tahap pertama sebesar Rp25 miliar. Pada pedagang dapat melakukan kredit dengan skala Rp250 juta sampai dengan Rp1 miliar.  Kredit usaha ini salah satu pembiyaan yang baik mengingngat likuiditas meningkat dan suku bunga naik.

“Jumlah dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 100 persen tapi melambat dari tahun lalu. Dengan kredit ini bisa menjadi solusi,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif