Sport
Sabtu, 25 Oktober 2014 - 20:55 WIB

WEST HAM UNITED VS MANCHESTER CITY : West Ham Bikin Kejutan, Taklukkan City 2-1

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Manchester City Aguero (kiri) duel berebut bola melawan pemain West Ham United. Ist/detiksport

Solopos.com, LONDON — West Ham United bikin kejutan dengan memaksa Manchester City menelan kekalahan kedua di Premier League pada musim ini. The Hammers, julukan West Ham,  sukses menaklukkan sang juara bertahan dengan skor 2-1.

Pada pertandingan di The Boleyn Ground, Sabtu (25/10/2014), City memang dominan dengan penguasaan bola mencapai 70 persen. Mereka juga lebih banyak menciptakan peluang.

Advertisement

City tercatat membuat 21 percobaan mencetak gol dan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, West Ham melepaskan 12 tembakan dan empat tepat sasaran.

Meski begitu, West Ham lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Mereka memimpin 2-0 lewat gol-gol Morgan Amalfitano dan Diafra Sakho.

Advertisement

Meski begitu, West Ham lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Mereka memimpin 2-0 lewat gol-gol Morgan Amalfitano dan Diafra Sakho.

Meski bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui gol David Silva, City tak mampu mencetak gol penyama. Mereka pun harus pulang dengan tangan hampa.

Dengan hasil ini, City tetap di posisi kedua klasemen sementara dengan 17 poin dari sembilan pertandingan. West Ham juga tetap di posisi keempat dengan 16 poin.

Advertisement

Meski City dominan dan lebih banyak menciptakan peluang, West Ham-lah yang berhasil membuka skor pada menit ke-21 lewat gol Amalfitano. Gol ini berawal dari umpan matang Alex Song kepada Enner Valencia.

Valencia mengalahkan Eliaquim Mangala dalam duel sprint, kemudian mengirimkan umpan silang mendatar, yang diterima Amalfitano. Berdiri bebas di mulut gawang, Amalfitano tanpa kesulitan menceploskan bola di luar jangkauan Joe Hart. Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak berubah. West Ham masih unggul 1-0 atas City.

Di babak kedua, Downing nyaris menggandakan keunggulan West Ham pada menit ke-53. Dia punya ruang tembak cukup terbuka, tapi tendangan first time-nya masih melebar. Sementara itu, tendangan voli Sakho lima menit kemudian masih melambung.

Advertisement

Mistar gawang lagi-lagi menjadi “musuh” City. Pada menit ke-74, tembakan Toure gagal masuk gawang karena kena mistar. Berselang semenit, City malah kebobolan lagi. Tandukan Sakho meneruskan umpan silang Cresswell memang bisa dihalau Hart. Namun, Hart menghalaunya setelah bola lebih dulu melewati garis gawang. West Ham 2, City 0.

Pertandingan menjadi makin seru karena City bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-77. Silva melakukan aksi individu di sisi kiri pertahanan West Ham dengan meliuk-liuk melewati beberapa pemain lawan dan kemudian melepaskan tembakan ke tiang jauh. Adrian yang sudah melompat tak kuasa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Setelah itu, City terus membombardir pertahanan West Ham. Mereka punya kans untuk menyamakan skor pada menit ke-90, tapi tendangan Toure cuma mengenai sisi luar jala gawang. Sementara itu, tendangan keras Stevan Jovetic di injury time bisa diblok Adrian.

Advertisement

Susunan Pemain
West Ham United: Adrian, Jenkinson, Collins, Reid, Cresswell, Noble, Song, Amalfitano (Kouyate 67′), Downing, Valencia (Cole 76′), Sakho (Nolan 89′)

Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Mangala, Clichy (Kolarov 78′); Toure, Fernando (Milner 78′), Navas, Silva; Aguero, Dzeko (Jovetic 59′)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif