News
Sabtu, 25 Oktober 2014 - 02:31 WIB

POLITIK JEPANG : Pendukung Miyazawa Habiskan Rp2 Juta di Klub Seks

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yoichi Miyazawa , Menteri Perindustrian dan Perdagangan Jepang (Straittimes.com)

Solopos.com, TOKYO–Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag),Yoichi Miyazawa, Kamis (23/10/2014) mengaku kelompok pendukungnya menghabiskan uang kantor di sebuah bar cabul.

Miyazawa yang baru menjabat empat hari itu mengatakan ia mempelajari laporan media bahwa kelompok pendukungnya menghabiskan 18.230 yen atau sekitar Rp2.045.000 di bar di Hiroshima. Ia menyebut insiden itu memalukan.

Advertisement

Kyodo News seperti dilansir Reuters melaporkan kelompok pendukung, Miyazawa-kai, menurut laporan keuangan politik telah melakukan pembayaran pada 6 September 2010, dengan label “biaya hiburan”.

Kepala Sekretaris Kabinet,Yoshihide Suga, dalam konferensi pers mengatakan ia telah mendengar dari Miyazawa terkait tagihan bar itu. Ia menambahkan menteri akan mengatasi masalah ini dengan tepat.

Sementara dilansir bbc.com staf Miyazawa-kai tersebut menghabiskan dana itu di sebuah klub seks. Miyazawa mengungkapkan staf telah mengklaim biaya setelah mengunjungi sebuah bar sadomasokis di Hiroshima. Meski demikian ia menekankan dirinya tidak mengunjungi bar.

Advertisement

“Laporan yang dibuat itu benar. Saya sendiri sama sekali tidak pergi ke sana itu juga benar,” tegasnya kepada wartawan.

Dilaporkan media di Jepang bar tersebut mementaskan pertunjukan di mana perempuan hanya mengenakan pakaian dalam.

Miyazawa menggantikan Yuko Obuchi sebagai Menperindag. Seperti diberitakan Obuchi mengundurkan diri pada Senin (21/10) setelah muncul dugaan kelompok-kelompok pendukungnya menyalahgunakan dana politik.

Advertisement

Pada hari yang sama Menteri Kehakiman Kehakiman Jepang, Midori Matsushima, juga mengundurkan diri. Ia memilih melepas jabtannya setelah tuduhan pelanggaran undang-undang pemilu mengemuka. Ia kemudian digantikan Yoko Kamikawa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif