Soloraya
Sabtu, 25 Oktober 2014 - 00:11 WIB

MALAM 1 SURA : Tepat Pukul 00.00 WIB, Kerbau Bule Kiai Slamet Dikirab di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kirab 1 Sura (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO–Malam 1 Sura, pergantina tahun baru Islam diperingati dengan berbagai kegiatan. Kirab 1 Sura di Solo dilakukan dengan mengirab kerbau bule. Hari Sabtu (25/10/2014) tepat pukul 00.00 WIB, sembilan ekor kerbau bule Kiai Slamet dikirab mengelilingi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Keraton Solo.

Ribuan warga dari berbagai wilayah telah memadati Kori Kamandungan Keraton Solo.

Advertisement

Pantauan Solopos.com, warga memadati kawasan Kamandungan hingga pintu kori tak terlihat.

Warga tumplek blek menyaksikan kirab kerbau bule itu.

Advertisement

Warga tumplek blek menyaksikan kirab kerbau bule itu.

Sebelumnya warga dari berbagai wilayah telah memadati kawasan Gladak, Solo, Jumat (24/10/2014) pukul 22.00 WIB. Kirab 1 Sura, yang digelar malam 1 Sura ini mengirab 11 pusaka dan 9 kerbau bule Kiai Slamet.

Pantuan Solopos.com, warga datang dari berbagai wilayah tak hanya dari Solo. Bahkan mereka ada yang datang menggunakan mobil-mibil pikap memadati kawasan Gladak.

Advertisement

Mereka mengambil tempat di sisi kanan maupun kiri Gladak. Selain itu, pedagang asongan juga ikut memanfaatkan momentum kirab 1 Sura.

Jalan Slamet Riyadi di kawasan Gladak masih terbuka untuk umum, belum ada penutupan arus lalu lintas.

Berdasarkan laporan yang diterima Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo), kirab akan dimulai pukul 23.30 WIB nanti.

Advertisement

Kirab 1 Sura akan mengirap 11 pusaka dan 9 kerbau bule Kiai Slamet. Kirab ini diikuti ratusan abdi dalem dimulai pukul 23.30 WIB hingga Sabtu (25/10/2014) pukul 03.00 WIB.

Rute kirab meliputi Kori Kamandungan Keraton Solo-Alun-alun Utara-Gladak-Jl Mayor Kusmanto-Jl Kapten Mulyadi-Jl veteran-Jl Yos Sudarso-Jl Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton Solo.

Sementara itu, di Pura Mangkunegaran juga digelar kirab pusaka, dengan rute Pura Mangkunegaran-Jl Ronggowarsito-Jl Kartini-Jl RM Said-Jl Siswo-Jl Teuku Umar-Jl Ronggowarsito- dan kembali ke Pura Mangkunegaran lewat gerbang selatan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif