Otomotif
Sabtu, 25 Oktober 2014 - 13:10 WIB

INOVASI MOBIL FORD : Wow, Mobil Ford Masa Depan Bisa Deteksi Serangan Jantung

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, LONDON — Pabrikan mobil Ford mengungkapkan di masa depan, mobil yang diproduksi akan dilengkapi dengan jok yang mampu mengenali pengemudi yang terkena serangan jantung.

Advertisement

Konsepnya, saat serangan itu datang, tempat duduk akan mengirim sinyal kepada sistem komputer mobil untuk melakukan ”emergency stop”.

Dilansir dari Telegraph, Sabtu (25/10/2014), Ford menyatakan bahwa jok dilengkapi dengan elektroda sensitif yang memonitor detak jantung pengemudi. Teknologi ini bekerja dengan kamera yang memantau pergerakan kepala dan sensor yang ada di setir.

Jika ada tanda-tanda kemungkinan serangan jantung, komputer akan mengambil alih setir dan rem, memandu mobil berhenti dengan aman. Saat mobil sudah berhenti, sistem akan mengaktifkan ponsel pengemudi untuk mengirimkan pesan pada rumah sakit atau ambulans.

Advertisement

Dari salah satu penelitian selama tiga tahun yang dilakukan di Uni Eropa, orang yang mengalami serangan jantung, 23 persennya menyebabkan kecelakaan di jalan.

Ford mengatakan bahwa 30 persen penduduk Eropa pada 2050 nanti akan berusia 65 tahun, dan rawan untuk melakukan kegiatan mengemudi. Artinya, risiko serangan jantung akan tumbuh secara perlahan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif