News
Jumat, 24 Oktober 2014 - 15:20 WIB

UK Sediakan 70 Beasiswa S2 untuk Sarjana Indonesia, Ini Syaratnya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJAUnited Kingdom (UK) tahun ini membuka peluang beasiswa S2 bagi 70 lulusan sarjana di Indonesia dengan pengalaman kerja dua tahun.

Setiap tahun, kata dia, UK memberikan beasiswa tersebut pada 150 negara di dunia, termasuk Indonesia. Tahun lalu, jatah beasiswa yang diberikan pada Indonesia sebanyak 25-30 orang, tahun ini meningkat menjadi tiga kali lipat.

Advertisement

“Untuk tahun ini, Pemerintah UK menyediakan beasiswa S2 untuk 1500 orang secara global. Dan untuk Indonesia sendiri ada peningkatan hingga tiga kali lipat. Kalau sebelumnya hanya disediakan beasiswa untuk 25 sampai 30 orang, maka tahun ini menjadi 70 orang,” urai Rowena Rompas, koordinator alumni Chevening Scholarships, UK Government Scholarships, untuk Indonesia saat melakukan kunjungannya ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), seperti dikutip dari rilis Humas UMY Jumat (24/10/2014).

Rowena pun menyebutkan beberapa alumni dari Chevening Scholarships, UK Government Scholarships, yang juga tercatat menjadi orang-orang yang cukup berpengaruh dan memiliki kontribusi besar untuk Indonesia.

“Di Indonesia, penerima Chevening  Scholarships iniada Riri Riza (sutradara, penulis naskah dan produser film), Ahmad Fuadi penulis buku 5 Menara, Menteri Lingkungan Hidup RI, Balthasar Kambuaya, dan masih banyak lagi yang lain,” ujarnya.

Advertisement

Rowena juga menambahkan, selain syarat berupa dua tahun pengalaman kerja, dan memiliki motivasi kuat untuk membangun karir untuk 5 sampai 10 tahun ke depan, ada persyaratan lain yang juga harus dipenuhi oleh calon pendaftar.

“Selain dua kriteria itu, ada juga persyaratan lain seperti warga negara Indonesia, memegang ijazah S1, lulus S1 dengan IPK minimal 3, dan memiliki skor IELTS 6.5. Kemudian untuk pengalaman kerjanya juga dibuktikan dengan menyertakan surat referensi dan mendapat keterangan dari dua pimpinan sebagai pemberi rekomendari dan referensi. Sementara untuk seleksinya akan dilakukan di Kedutaan Inggris di Jakarta,”imbuhnya.

Ia juga menyarankan bagi sarjana yang berminat untuk membuka website resmi Chevening, yakni di www.chevening.org. Pendaftaran penerimaan beasiswa ini juga telah dibuka sejak 1 Agustus 2014, dan akan berakhir pada 15 November 2014.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif