Teknologi
Jumat, 24 Oktober 2014 - 12:00 WIB

PENEMUAN BARU : Peti Mumi Bangsawan Mesir Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peti mati mumi Mesir berusia 3.000 tahun ditemukan di Inggris (Metro.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah peti mati bangsawan Mesir kuno ditemukan secara tidak sengaja di sebuah ruang tamu di Essex, Inggris.

Para ahli dari Reeman Dansie Auctioneers menemukan barang langka tersebut setelah mengunjungi rumah seorang wanita tua sebelum dirinya pindah ke sebuah panti jompo.

Advertisement

Dari beberapa potongan perhiasan yang ditemukan, mereka menemukan peti mati dari peradaban Mesir kuno yang diperkirakan telah berusia 3.000 tahun.

Para ahli tersebut meyakini bahwa peti mati itu adalah sebuah tempat peristirahatan terakhir seorang wanita bangsawan Mesir.

Stacey, seorang dari perusahaan lelang Colchester yang berbasis di Reeman Dansie, Inggris, adalah orang pertama yang berhasil menemukan peti mati kuno tersebut. Ia menyebut temuannya adalah barang tertua  yang pernah ia jual di tempat lelang.

Advertisement

“Barang itu merupakan yang tertua sepanjang karier pekerjaan saya,” ungkap Stacey sebagaimana dilansir Metro, Kamis (23/10/2014).

Diperkirakan wanita tua penghuni rumah membeli peti tersebut saat museum lokal ditutup. Para ahli di rumah lelang tersebut percaya peti mati itu dibawa ke Inggris saat terjadi perang Napoleon di abad ke-19 lalu. Diperkirakan peti mati kuno itu kini bernilai 6.000 poudsterling atau setara Rp135 juta.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif