News
Jumat, 24 Oktober 2014 - 20:30 WIB

KABINET JOKOWI-JK : 4 Nama Belum dapat Rekomendasi KPK, Pengumuman Kabinet Tak Bisa Malam Ini

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi dan JK seusai salat Jumat di Masjid Baiturrahman kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/10/2014). (Akhirul Anwar/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum bisa mengumumkan kabinetnya pada Jumat (24/10/2014) malam ini karena KPK belum mengeluarkan rekomendasi atas empat calon menteri.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan masih ada empat nama yang belum mendapatkan rekomendasi bersih potensi kasus korupsi dari KPK.

Advertisement

Empat orang tersebut adalah sebagian dari pengganti delapan orang yang batal menjadi calon menteri karena tidak mendapatkan rekomendasi KPK atau mendapat tanda merah. “Yang ada di daftar itu empat orang, jadi tinggal empat yang belum ada klarifikasi,” katanya, Jumat (25/10/2014).

Rekomendasi baik dari KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), jelasnya, adalah syarat mutlak bagi seluruh anggota kabinet Presiden Jokowi. “Kabinet sendiri sudah rampung, tetapi sebagaimana yang telah dilaksanakan demikian demi transparansi maka kita tunggu laporan atau balasan surat dari KPK untuk menilai empat orang lagi yang baru,” kata Kalla.

Wapres mengatakan anggota kabinet rencananya diumumkan setengah jam setelah Presiden menerima rekomendasi KPK untuk 34 calon menteri. “Pokoknya setengah jam setelah ada laporan dari KPK selama tidak ada merah kuning kita umumkan,” kata JK.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif