News
Jumat, 24 Oktober 2014 - 20:40 WIB

JOKOWI PRESIDEN : 40 Perusahaan Amerika akan Pilih Jogja untuk Investasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Harianjogja.com, BANTUL – Pemerintahan RI dibawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat sambutan baik pemerintah negara adi kuasa Amerika.

Amerika berniat menjalin kerjasama yang lebih baik dengan RI dalam berbagai bidang termasuk investasi ekonomi juga pendidikan.

Advertisement

“Presiden kami mengutus Menlu hadir pada pelantikan bukan tanpa alasan, agar kerjasama terbina lebih baik,” kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake disela kunjungan ke American Corner di UMY, Kamis (23/10/2014).

Menurutnya, Robert O Blake memontum baik itu menjadi awal bagi negaranya berniat menjalin kerjasama ekonomi dengan RI juga termasuk Jogja.

Tercatat, akan ada 40 perusahaan besar Amerika berencana akan memilih Jogja untuk menanamkan investasi. “Misalnya GE Lighting,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah peserta yang hadir.

Advertisement

Alasanya, imbuh Robert, menilai iklim politik di Jogja cukup memungkinkan bagi perusahaan asal negaranya mengembangkan sayap di Indonesia, termasukbiayanya tenaga kerja yang cukup terjangkau pengusaha Amerika.

Ia menambahkan American Corner UMY termasuk bukti banyak perguruan tinggi yang cukup bagus yang terus dipertahankan sejak abad 21 dalam menciptakan sumberdaya manusia siap bersaing. Upaya ini, imbuhnya, tidak menutup kemungkinan menjadi kerjasama lebih baik lagi dalam pertukaran mahasiswa.

“Ada ribuan mahasiswa Indonesia yang belajar di berbagai universitas di Amerika. Sebaliknya juga mahasiswa Amerika belajar di Indonesia ini,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif