Teknologi
Kamis, 23 Oktober 2014 - 15:10 WIB

TOKO ONLINE : Berniaga.com Toko Online Nomor Satu, Olx.co.id Nomor Dua

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Situs jual beli Online sedang berkembang di Indonesia. Ada banyak pemain dalam industri e-commerce di Indonesia yang dapat dikategorikan menurut bisnis mereka.

Advertisement

Misalnysa saja forum online dan situs iklan baris (classifieds), situs bisnis untuk konsumen (B2C), marketplace konsumen untuk konsumen (C2C), dan sebagainya.

Menurut data terakhir dari comScore pemimpin global dalam analisis media digital yang dirilis pada akhir bulan September 2014 kemarin, menyebutkan bahwa Berniaga.com sebagai Situs Jual-Beli No.1 di Indonesia diikuti oleh situs olx.co.id di posisi kedua.

Advertisement

Menurut data terakhir dari comScore pemimpin global dalam analisis media digital yang dirilis pada akhir bulan September 2014 kemarin, menyebutkan bahwa Berniaga.com sebagai Situs Jual-Beli No.1 di Indonesia diikuti oleh situs olx.co.id di posisi kedua.

Nukman Luthfie, pengamat digital mengutip data comScore, menyebutkan bahwa terdapat 4,46 juta pengunjung unik (unique visitors) yang mengunjungi situs Berniaga.com pada bulan Juli 2014 yang mencapai 20,5 persen dari keseluruhan pengunjung (21,769,000 pengunjung) sehingga menjadikan Berniaga.com sebagai Situs Jual-Beli No.1 di Indonesia.

“Untuk bulan Juli 2014, comScore mengkofirmasi bahwa situs Berniaga.com mendapat total pengunjung unik (unique visitors) lebih banyak dari situs iklan baris (classifieds) lainnya di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan situs ritel seperti Lazada atau Zalora, situs-situs iklan baris (Berniaga.com dan olx.co.id) masih mendapat lebih banyak pengunjung unik,” kata Nukman dalam siaran persnya.

Advertisement

Nukman menjelaskan bahwa penghitungan data comScore lebih akurat karena mereka menggunakan penghitungan pengunjung unik (unique visitors) berpusat pada orang, sebagai negasi dari penghitungan browser unik berbasis cookie yang digunakan oleh sebagian besar layanan analisis web. Pengunjung unik comScore mengacu pada jumlah individu yang berbeda yang mengunjungi isi dari sebuah situs web, selama periode pelaporan yang dipilih. Pengunjung unik dihitung hanya sekali walaupun mereka mengunjungi situs tersebut berkali-kali.

Pada bulan Juli 2014, 6.677.000 pengunjung unik mengunjungi situs iklan baris (classifieds) dimana datanya didasarkan pada pengunjung berusia 6 tahun ke atas. Berniaga.com berhasil mendapatkan setidaknya 66,93% dari total pengunjung unik situs iklan baris. Dalam hal frekuensi, Berniaga.com mampu mendapatkan 10,8 juta kunjungan yang diterjemahkan menjadi rata-rata 2,4 kali kunjungan per pengunjung.

Transaksi belanja online di Indonesia sedang meningkat. Menurut penelitian yang diprakarsai oleh Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres) pada Januari 2014, nilai pasar dari e-commerce di Indonesia mencapai Rp94.5 triliun pada 2013, sedangkan pada 2016 diprediksi akan meningkat tiga kali lipat mencapai Rp295 triliun.

Advertisement

Sedangkan menurut laporan e-commerce dari Nielsen yang dirilis pada September 2014, konsumen Indonesia mulai menyukai belanja online untuk membeli barang dan jasa. Konsumen digital di Indonesia menikmati berbelanja dengan online sejalan dengan pertumbuhan kepemilikan perangkat bergerak terkoneksi.

Munculnya Berniaga.com sebagai Situs Jual-Beli Nomor 1 di Indonesia menunjukkan bahwa Berniaga.com memiliki kinerja yang kuat dan saat ini telah sukses menantang dominasi pemimpin pasar situs jual-beli sebelumnya di Indonesia.

“Ini mungkin juga dipengaruhi oleh komunikasi merek mereka yang kuat melalui TVC terbaru – seperti Yo Berniaga dan kampanye pemasaran yang terintegrasi serta tentunya dukungan yang kuat dari perusahaan induknya, 701Search,” tambahnya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif