Jogja
Kamis, 23 Oktober 2014 - 22:20 WIB

SAR DIY Dilatih Tangani Kecelakaan Kerja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA – Search And Rescue Daerah Istimewa Yogyakarta (SAR DIY) menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggelar pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Langkah itu dilakukan karena berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan DIY sepanjang 2013 lalu terjadi 1.347 kasus kecelakaan kerja.

Advertisement

Sebanyak 651 kasus adalah kecelakaan di lokasi kerja, 460 kasus karena kecelakaan lalu lintas dan 236 kasus disebabkan kecelakaan di luar tempat kerja, yang bukan karena lalu lintas.

Pelatihan ini digelar Selama dua hari, Kamis-Jumat (23-24/10) di Kantor SAR DIY, Jl Tentara Zeni Pelajar No.1A, Pingit Kidul, Jogja.

Dengan peserta 10 orang dari berbagai kalangan, pelatihan ini diharapkan mampu membekali calon tenaga kerja dengan ketrampilan agar bisa bekerja dengan aman dan sehat di mana pun kelak nanti mereka bekerja.

Advertisement

“Selama ini persepsi sebagian besar masyarakat adalah bisa bekerja saja sudah syukur. Itulah yang ingin kita ubah menjadi Bisa bekerja saja tidak cukup, tapi bisa bekerja dengan selamat dan sehat,” terang Ketua Harian SAR DIY Ferry Ardyanto.

Meski telah mengikuti pelatihan ini, namun, menurut Ferry, tidak secara otomatis pasti selamat. Karena Keselamatan dan Kesehatan Kerja terkait dengan banyak elemen seperti peralatan dan itikad baik perusahaan tempat bekerja.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif