Jogja
Kamis, 23 Oktober 2014 - 07:20 WIB

PELANTIKAN DPRD SLEMAN : Dilantik Usai Pulang Haji, Sofyan Prioritaskan Ini ..

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sofyan Setyo Darmawan saat pengambilan sumpah jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Sleman periode 2014-2019 di Gedung DPRD Sleman, Rabu (22/10/2014). (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Harianjogja.com, SLEMAN-Sofyan Setyo Darmawan akhirnya resmi dilantik sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sleman periode 2014-2019, Rabu (22/10/2014). Pelantikan ini menyusul Haris Sugiharta, Inoki Azmi Purnomo, dan Sukaptana yang sebelumnya telah dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sleman pada 1 Oktober lalu.

Pelantikan Sofyan sempat ditunda karena yang bersangkutan menjalankan ibadah haji. Setelah dia tiba di Sleman pada Minggu (19/10/2014) kemarin, Sekretariat Dewan kemudian menjadwalkan pelantikan susulan pada Rabu pagi. Pelantikan susulan juga digelar melalui mekanisme rapat paripurna istimewa.

Advertisement

“Hal ini tidak menyalahi aturan. Meski ada pimpinan yang baru dilantik, kinerja Dewan sebelum ini sebenarnya tidak terganggu,” ujar Sekretaris Dewan, Sutadi Gunarto beberapa waktu lalu.

Ditemui usai pelantikan, Sofyan mengaku pembahasan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2014 dan penyusunan draf APBD 2015 akan jadi prioritas.

“Kami sangat memahami bahwa APBD menyangkut kepentingan pembangunan Kabupaten Sleman,” ungkap Sofyan.

Advertisement

Sofyan menyadari sisa waktu efektif tahun ini kurang dari dua bulan, sehingga dia dan anggota Dewan lainnya dituntut bergerak cepat.

“Itulah mengapa Badan Anggaran sudah kita tetapkan lebih dulu. Masalah anggaran ini memang krusial,” ucap politisi Partai Keadilan
Sejahtera tersebut.

“Kami juga secara paralel akan menyelesaikan alat kelengkapan Dewan. Target normatif, setelah APBD Perubahan selesai, alkap juga
seharusnya selesai,” imbuh Sofyan.

Advertisement

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo berharap dengan telah dilantiknya seluruh pimpinan, alkap Dewan segera dibentuk.

“Pelantikan ini jadi momen yang ditunggu untuk mempercepat pembentukan alkap DPRD. Saya berharap alkap segera ditetapkan sehingga fungsi ideal DPRD bisa dijalankan,” ucap Sri Purnomo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif