Jogja
Kamis, 23 Oktober 2014 - 03:40 WIB

Kecamatan Berbah Luncurkan Gerakan ABG, Ini Penjelasannya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sayuran dan buah-buahan (hqoboi.com)

Harianjogja.com, SLEMAN-Camat Berbah, Tina Hastani, meluncurkan gerakan Aku Butuh Gizi (ABG) di Pendapa Kepanjen, Kantor Kecamatan Berbah, Rabu (22/10/2014).

“Gerakan ABG bertugas menyosialisasikan kebutuhan anak-anak akan asupan gizi yang cukup dari makanan dan minuman yang sehat,” ungkap Tina.

Advertisement

Menurut Tina, setiap anak yang lahir berhak tumbuh sehat dan cerdas. “Program ini juga dilatarbelakangi maraknya jajanan sekolah yang tidak sehat dan kaum ibu pekerja yang tidak sempat menyiapkan bekal sehat bagi anaknya,” papar Tina.

Anak-anak yang mengikuti Gerakan ABG diharapkan memahami pentingnya gizi bagi kesehatan tubuh serta mengurangi konsumsi jajanan sekolah yang kurang sehat.

“Anak-anak juga diajarkan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman bermanfaat yang bisa dikonsumsi keluarga,” ujar Tina kemudian.

Advertisement

Sementara itu, Gandung, ahli gizi dari Puskesmas Berbah menyarankan setiap kantin sekolah menyediakan makanan yang sehat.

“Jika di kantin sekolah saja tidak ada, hal itu sama dengan membiarkan anak-anak jajan sembarangan sehingga rawan teracuni makanan yang mengandung bahan berbahaya,” kata Gandung.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif