Teknologi
Kamis, 23 Oktober 2014 - 10:15 WIB

HASIL PENELITIAN : Inilah Patung Kayu Tertua di Dunia Berusia 9.500 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung tertua di dunia Shigir Idol (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO— Para ilmuwan Jerman memamerkan hasil temuan mereka berupa patung kayu berusia sekitar 9.500 tahun dan dipercaya sebagai patung tertua di dunia. Patung tersebut berisi kode rahasia yang terukir dengan jelas.

Patung yang dikenal dengan nama Shigir Idol diperkirakan berusia dua kali lebih tua ketimbang piramida di Mesir dan dipelihara seolah-olah berada dalam kapsul waktu di sebuah rawa gambut di pinggiran barat Siberia. Para ahli Rusia mengatakan peninggalan patung kayu tersebut berisi informasi kode penciptaan dunia yang diperuntukkan untuk manusia modern dari era Mesolitikum.

Advertisement

Ilmuwan Jerman sangat mengagumi keindahan artefak yang luar biasa sebagai salah satu bentuk kreativitas manusia kuno. Shigir Idol diukir menggunakan sendok dari batu. Patung ini diperkirakan lebih tua hingga 4.000 hingga 5.000 tahun dari momumen Stonehenge yang terkenal di Inggris.

Patung tersebut menjulang setinggi 2,8 meter. Awalnya, patung ini memiliki tinggi 5,3 meter atau setinggi rumah berlantai dua. Hampir dua meter artefak tersebut hilang akibat kekacauan politik yang melanda Rusia abad ke-20.

“Tidak ada patung kuno seperti ini di seluruh Eropa.  Patung ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Kami mempelajari patung ini dengan perasaan kagum,” ujar sejarawan Jerman prasejarah, Profesor Thomas Terberger sebagaimana dilansir Daily Mail, Rabu (22/10/2014).

Advertisement

Ukiran kayu tersebut berisi kode kehidupan harmonis di dunia, perkembangan intelektual, serta kehidupan spiritual yang rumit. Garis lurus yang ada pada patung tersebut bisa berarti tanah atau horizon (batas antara langit dan bumi, air dengan dengan langit atau garis batas dunia).

Garis zig-zag melambangkan elemen berair, ular, atau kadal. Sedangkan zig-zag bergambar tombak mengisyaratkan bahaya. Tanda silang, belah ketupat, persegi, atau lingkaran merupakan wujud api atau matahari.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif