Jogja
Kamis, 23 Oktober 2014 - 17:40 WIB

Amerika Serikat Siap Investasi di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (infoakademika.com)

Harianjogja.com, JOGJA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr. bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Bangsal Srimanganti Rabu (22/10/2014) malam.

Pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah pengusaha dari kedua pihak itu membahas seputar peluang investasi.

Advertisement

Robert O. Blake, Jr. mengatakan banyak perusahaan AS yang tertarik berinvestasi di DIY. Hal itu disebabkan karena ketrampilan dan kemampuan yang kuat oleh para pelaku bisnis di Jogja.

Selain itu keberadaan universitas dan stabilitas politik menjadi nilai plus bagi para investor AS untuk menanamkan investasinya

“Sepertinya akan ada perusahaan AS yang tertarik [menanamkan investasinya] di sini [Jogja].
Kita akan melakukan pertemuan antar perusahaan [AS dan perusahaan lokal Jogja] untuk menentukan langkah konkret,” ungkapnya kepada wartawan seusai pertemuan semalam.

Advertisement

Ditanya soal pertemuan tersebut lantaran adanya kepemimpinan baru di Indonesia Robert O. Blake enggan berkomentar. Tetapi, ia mengatakan sudah menggelar pertemuan dengan sejumlah pengusaha di Bandung, Balikpapan dan Jogja semalam adalah kali ketiga.

“Dan kami datang atas permintaan pengusaha kami [perusahaan AS] di sini, karena mereka melihat ada peluang banyak di sini [Jogja],” ucapnya.

Terkait bentuk bidang atau sektor investasi, Blake tidak bisa memperinci secara detail. Karena tidak bisa meramalkan keinginan investasi perusahaan.

Advertisement

Akantetapi ia mencontohkan, sejumlah perusahaan AS yang sudah berjalan di Indonesia dan salahsatunya di Jogja adalah bergerak di bidan energi. Ke depan akan dikembangkan lagi di bidang keamanan network dan cyber serta pendidikan.

“Kita akan melihat banyak peluang bidang pabrik perusahaan ritel terbesar di AS juga menjual mebel dan kerajinan tangan dari Jogja. Peluangnya sangat besar,” kata dia.

Gubernur DIY, Hamengkubuwono X menjelaskan pihaknya membuka peluang investasi selebar-lebarnya bagi investor dari Amerika Serikat. Karena itu pihaknya berharap pertemuan di Bangsal Sri Manganti semalam bisa ditindaklanjuti kedua belah pihak baik dari DIY maupun Amerika Serikat.

“Harapan saya, karena ini pertemuan pertama. Nanti akan menunjukkan ada satu orang dari Jogja dan AS yang diserahi tanggungjawab yang bisa komunikasi terus. Bisa saja bentuk join komite. Tida hanya beliau yang hadir saat ini tapi perusahaan AS yang lain juga, jadi lebih efisien. Besok ada presentasi,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif