Otomotif
Rabu, 22 Oktober 2014 - 14:50 WIB

TIPS : Ingin Ambil Paket Kredit Mobil dan Asuransi? Ini Untung-Ruginya

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Terus berkembangnya industri otomotif di Indonesia membuat industri pendukungnya juga semakin banyak, seperti jasa pembiayaan kredit mobil dan asuransi mobil. Jika Anda membeli mobil secara kredit melalui leasing, biasanya pihak leasing akan memaketkannya dengan asuransi mobil.

Anda pun mau tidak mau harus membayar biaya tambahan untuk asuransi mobil. Hal tersebut bisa memberikan keuntungan bagi Anda, tapi juga berupa kerugian, tergantung dari sudut pandang mana Anda melihatnya. Karena itu, berikut ini kami paparkan untung-rugi mengambil kredit mobil yang sepaket dengan asuransinya.

Advertisement

1. Keuntungan Paket Kredit Mobil dan Asuransi

Perusahaan leasing biasanya mewajibkan konsumen yang mengambil kredit mobil dipaketkan dengan asuransi mobilnya.

Khusus untuk tahun pertama dan kredit mobil baru, biasanya konsumen akan diminta untuk mengambil paket asuransi All Risk atau Komprehensif. Di tahun berikutnya, konsumen baru bisa mengubah jenis asuransinya, tapi tetap dengan perusahaan asuransi yang sama.

Advertisement

Keuntungan dari paket kredit mobil dengan asuransi ini adalah proses yang mudah. Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari perusahaan asuransi kendaraan bermotor, memikirkan rincian premi yang harus dibayar, kelengkapan berkas asuransi, survei kondisi kendaraan, dan sebagainya.

Anda tinggal terima beres saja, sebab semua sudah satu paket dengan kredit mobil yang Anda ambil.

2. Kerugian Paket Kredit Mobil dan Asuransi

Advertisement

Kerugian utama dari mengambil kredit mobil yang sepaket dengan asuransi mobil adalah konsumen tidak leluasa untuk memilih perusahaan asuransi mobil yang diinginkan.

Anda tentu akan rugi apabila harga premi asuransi yang diberikan ternyata lebih mahal dibandingkan dari perusahaan asuransi yang lain. Selain itu, kerugian lainnya adalah ada biaya lebih yang harus Anda keluarkan sebagai imbalan atas kerja sama pihak leasing yang memasarkan produk asuransi, dan biaya itu tentu dibebankan kepada konsumen.

Jika Anda mengambil asuransi langsung dari perusahaan asuransi, Anda akan mendapatkan keringanan dalam membayar premi berupa bebas biaya administrasi, serta penghitungan biaya preminya hanya mempertimbangkan dari jenis kendaraan, tahun, dan harga kendaraan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif