Sport
Rabu, 22 Oktober 2014 - 08:30 WIB

MOTOGP 2014 : Dorna Bidik Indonesia jadi Tuan Rumah MotoGP

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat berkunjung ke Indonesia ditemui Jokowi. Ist/Dok/ilustrasi

Solopos.com, BANGKOK— Dorna selaku penyelenggara MotoGP terus berupaya membumikan ajang balap kelas premier ini ke kawasan Asia Tenggara. Mereka menilai Indonesia adalah negara yang terhitung memiliki penggemar MotoGP paling banyak di zona ini. Sayangnya, ketiadaan sirkuit yang memiliki standar tinggi di Tanah Air membuat Dorna mesti mengalihkannya ke negara lain dalam waktu dekat.

“Kami akan sangat senang jika ajang MotoGP bisa menyambangi tempat fans terbesar seperti Indonesia. Di negara ini merupakan pasar yang sangat menggiurkan. Bahkan, tim besar seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki mendesak kami agar menggelar balapan di sana,” ungkap Dorna’s Managing Director of Events, Javier Alonso, dilansir Motorcyclenews, Selasa (21/10/2014).

Advertisement

Alonso menambahkan, pihaknya berharap banyak bisa mewujudkan rencana ini. Namun demikian, butuh banyak waktu bagi Dorna untuk membawa MotoGP ke Indonesia. Pasalnya, satu-satunya sirkuit balap internasional yang dimiliki Indonesia hanya Sentul, itu pun tak cocok dijadikan venue kelas balap premier ini.

“Indonesia merupakan tempat yang paling tepat untuk dijadikan host balap motor terbaik di dunia ini. Kami sedang serius mematangkan rencana jangka panjang ini. Apalagi negara itu sudah punya Sentul yang tinggal dipermak agar memenuhi kualifikasi sirkuit kelas MotoGP,” paparnya.

Alonso mengakui Dorna sangat ingin memfasilitasi banyaknya fans ajang balap ini dengan membawa MotoGP ke negara mereka. Sayang, hanya sedikit negara yang memiliki fasilitas berstandar tinggi. Sejauh ini hanya Sirkuit Sepang, GP Malaysia, yang menjadi host MotoGP di kawasan Asia Tenggara.

Advertisement

Ekspansi pun mereka lakukan ke negara lain seperti Thailand. Negeri Gajah Putih itu memberi lampu hijau pada Dorna jika mereka siap menjadi tuan rumah. Namun demikian, sebelum menyelenggarakan MotoGP, Thailand kemungkinan besar dipersiapkan untuk jadi host World Superbike (WSBK).

WSBK diprediksi bisa digelar 2015 mendatang. Jika skenario ini berjalan mulus, maka bisa jadi Thailand akan menjadi penyelenggara MotoGP untuk musim 2016. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif