Soloraya
Rabu, 22 Oktober 2014 - 03:41 WIB

LALU LINTAS SUKOHARJO : Jl. Ir. Soekarno Tak Jadi Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu alat berat yang digunakan pada proyek pembangunan ruang terbuka hijau dioperasikan di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Selasa (21/10/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Penutupan total ruas Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru, Kecamatan Grogol, yang sedianya dimulai Senin (20/10/2014) hingga 45 hari ke depan dibatalkan.

Pembatalan itu karena berdasarkan evaluasi instansi terkait, penutupan jalan karena ada pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) tidak diperlukan.

Advertisement

“Kemarin pagi memang ada penutupan ruas Jl. Ir. Soekarno di Solo Baru bagian barat. Tetapi setelah kami evaluasi, penutupan secara total jalan sebelah barat mulai dari perempatan dekat Hotel Brothers tidak perlu,” ujar Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo, Joko Waluyo, ketika ditemui wartawan di kantornya, Selasa (21/10/2014).

Joko mengatakan jika penutupan total itu dilakukan dikhawatirkan akan merugikan para pelaku usaha di tempat itu. Seperti diketahui kawasan Solo Baru merupakan salah satu sentra kawasan perdagangan di Sukoharjo.

Menurut dia, keputusan membuka barikade di perempatan dekat Hotel Brothers diperoleh setelah pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Karena itu mulai Senin sore arus lalu lintas dari Sukoharjo yang hendak menuju ke Solo bisa tetap melalui jalur Jl. Ir. Soekarno sisi barat.

Advertisement

Sebelumnya, kendaraan dari Sukoharjo menuju Solo harus memutar lewat Langenharjo, jalan Baki-Solo sampai Bundaran Tanjung Anom.

Joko mengatakan petugas Dishubinfokom juga tidak lagi bersiaga di perempatan Patung Pandawa. Kendati demikian, Dishubinfokom masih melakukan rekayasa arus lalu lintas.

Kendaraan yang melaju dari perempatan Patung Pandawa ke arah Solo, harus belok ke kiri di dekat Fave Hotel untuk menghindari proyek, kemudian masuk ke Jl. Ir. Soekarno lagi.

Advertisement

Selain itu, kendaraan dari arah Solo juga tetap harus masuk ke halaman The Park Mall dan berputar kembali ke Jl. Ir. Soekarno.

Terpisah, Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Maryadi, menilai penutupan secara total Jl. Ir. Soekarno dari arah selatan belum diperlukan. Arus lalu lintas di kawasan itu sementara ini dinilai belum mengganggu pekerjaan proyek RTH.

“Saya rasa sekarang ini masih memungkinkan bagi kendaraan untuk melintasi kawasan itu. Karena itu belum saatnya ada penutupan total,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif