News
Rabu, 22 Oktober 2014 - 15:27 WIB

JOKOWI PRESIDEN : Pengamat: Jokowi Hadapi Masalah Ekonomi Warisan Sebelumnya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Didik J Rachbini (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat ekonomi yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Didik J. Rachbini, menilai pemerintah Jokowi perlu mempersiapkan diri menghadapi beberapa masalah ekonomi.

Didik J. Rachbini mengatakan masalah pertama adalah terkait pertumbuhan ekonomi yang terus turun dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi, menjadi moderat. Menurutnya, jika tidak diambil langkah yang serius, Indonesia akan tergelincir pada pertumbuhan rendah.

Advertisement

“Akibat dari pertumbuhan rendah ini akan terlihat pada masalah kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya dalam diskusi di Wisma Intra Asia, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Masalah kedua, lanjutnya, adalah masalah fiskal yang rapuh dan keropos. Menurutnya persoalan ini memang dibiarkan tanpa sentuhan kebijakan ekonomi politik karena hambatan politik dan sengaja tidak mengambil tindakan kebijakan karena tidak mau ada risiko politik.

“Ketiga, instrumen kebijakan yang langsung bisa dipakai pemerintah adalah fiskal, tetapi tidak dimanfaatkan secara efisien,” bebernya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif