Jateng
Selasa, 21 Oktober 2014 - 16:50 WIB

PENGEMBANGAN UMKM : Bahan Baku Terbatas, Industri Jamu Butuh Perhatian

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Festival jamu di Manahan, Minggu (31/8/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Ilustrasi jamu (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pemerintah diminta memperhatikan persediaan bahan baku jamu bagi kalangan industri jamu agar tidak mengalami kesulitan dalam proses produksi.

Advertisement

“Terutama untuk obat tradisional membutuhkan bahan baku yang tidak sedikit, di antaranya untuk industri jamu kategori Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) dan Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT),” kata Ketua Gabungan Pengusaha Jamu Jawa Tengah Nyoto Wardoyo seperti dikutip Antara, Selasa (21/10/2014).

Menurutnya, salah satu bahan baku yang saat ini cukup sulit diperoleh yaitu tanaman seledri. Nyoto mengatakan sebetulnya dengan manajemen yang baik maka tidak ada satu pun bahan baku yang sulit diperoleh.

“Pada dasarnya tumbuhan apapun yang ditanam di tanah kita itu pasti hidup karena tanahnya sangat subur, yang kurang hanya manajemennya saja,” jelasnya.

Advertisement

Dalam hal ini Pemerintah diharapkan bisa melakukan pendekatan kepada petani dan mengarahkan agar jangan melakukan ekspor bahan baku sebelum kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi.

Menurutnya, dengan bahan baku yang bisa dipenuhi oleh para petani lokal serta jaminan kualitas produk maka industri jamu di Jawa Tengah akan siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sejauh ini, diakuinya Pemerintah sudah memberikan perhatian yang cukup besar pada perkembangan industri jamu di Jawa Tengah di antaranya melalui pemasaran dan edukasi.

Advertisement

“Edukasi tidak hanya diberikan kepada pelaku industri jamu tetapi juga masyarakat, bagaimana mereka bangga dengan produk sendiri. Kalau tidak ada perasaan bangga terhadap produk sendiri akan sulit bagi pelaku industri lokal untuk menarik perhatian pasar global,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif