News
Selasa, 21 Oktober 2014 - 12:07 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Semalam, Jokowi Panggil Para Calon Menteri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden pilihan rakyat periode 2014-2019 Joko Widodo. (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil para calon menteri ke istana kepresidenan hingga pukul 03.00 dini hari. Jokowi segera mengumumkan nama susunan menteri secepatnya. Baca: Inilah Calon Kuat Menteri, dari Rini Soemarno hingga Puan Maharani.

“Tadi malam kita panggil semuanya sampai jam tiga malam. Kamu enggak di sini kenapa hayo,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Selasa (21/10/2014).

Advertisement

Presiden Jokowi merahasiakan identitas nama para calon menteri yang akan menjadi pembantunya menjalankan roda pemerintahan. Terkait jumlah orangnya pun ia enggan menyebutkan kepada media. “Kalau ngomong berarti saya kasih tahu. Tidak mungkin saya sebut,” jelasnya.

Adapun pengumuman menteri kabinet Jokowi dikabarkan bakal diumumkan hari ini. Beredar informasi, Jokowi akan mengumumkan di sebuah tempat khusus. Apakah hari ini diumumkan. “Secepatnya,” jawab mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Bloomberg, Selasa (21/10/2014), mengutip keterangan dari sumber anonim, menyebutkan ada nama-nama kuat yang kemungkinan besar menduduki posisi-posisi penting dalam kabinet Jokowi-JK. Salah satu nama itu adalah Bambang Brodjonegoro, mantan wakil Menteri Keuangan di era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Advertisement

Ada pula nama mantan petinggi TNI yang pernah menjabat Menteri Perdagangan dan Industri, Luhut Binsar Panjaitan. Nama ini merupakan mantan politisi Golkar yang menyatakan berpindah haluan mendukung Jokowi-JK menjelang Pilpres 2014 dan menjadi penasihat Jokowi.

Sementara itu, Ketua Tim Transisi Jokowi-JK, Rini Soemarno, masuk dalam daftar calon menteri. Calon lain yang masuk dalam daftar tersebut adalah Direktur Utama PT KAI, Iganasius Johan, dan Dirut PT Pelindo II, R.J. Lino, masuk dalam bursa calon menteri yang diusulkan oleh masyarakat. Nama-nama lain adalah mantan Gubernur BI, Darmin Nasution, dan Presdir PT Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif