Teknologi
Selasa, 21 Oktober 2014 - 10:00 WIB

HASIL PENELITIAN : Inikah Wajah Asli Raja Mesir Tuntankhamun?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wajah asli Raja Mesir Tuntakhamun (Mirror.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah dokumenter terbaru mengungkapkan raja Mesir kuno, Tutankhamun ternyata menderita kaki bengkok dan mungkin juga memiliki penyakit epilepsi yang menyebabkan dirinya meninggal di usia muda, 19 tahun. Tak hanya mengungkapkan fakta baru, dokumenter tersebut juga mengungkap foto wajah asli Tutankhamun yang dibuat berdasarkan penemuan muminya.

Dilansir Mirror, Senin (20/10/2014), sejak ditemukan pada tahun 1922, mumi Firaun (Raja Mesir) Tuntakhamun selalu membuat arkeolog dunia bertanya-tanya penyebab kematiannya. Sebagian besar peneliti menduga Raja Tutankamun meninggal akibat kecelakaan saat berkuda.

Advertisement

Kebenaran terbongkar saat peneliti menyimpulkan Raja Tutankhamun ternyata menderita kaki bengkok sehingga sangat tidak mungkin melakukan kegiatan berkuda. Apalagi ia juga diketahui memiliki penyakit tulang genetik yang membuatnya tidak mungkin berjalan tanpa bantuan tongkat.

Pemimpin penelitian, Dallas Cambell dalam dokumenternya mengungkapkan Tutankhamun mengalami patah tulang dalam tubuhnya sebelum kematian. Ia diketahui sangat jarang istirahat. Pengujian DNA mengonfirmasi fakta mengejutkan bahwa ayahnya, Akhenaten dan adik ayahnya memiliki penyakit serupa.

Dengan memanfaatkan teknologi modern, dokumenter tersebut menyajikan untuk kali pertama dalam ukuran penuh. Gambar tersebut memperlihatkan wajah Tutankhamun sebagaimana yang telah ditemukan dalam mumi yang ditemukan.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif