Sport
Senin, 20 Oktober 2014 - 00:40 WIB

REKOR GOL LA LIGA PRIMERA :Satu Gol Lagi Messi Patahkan Top Skor Sepnjang Masa

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Satu gol lagi Lionel Messi akan memcahkan rekor top skorer sepanjang masa di la liga. Ist/dokume

Solopos.com, BARCELONA — Lionel Messi mencatatkan gol ke-250nya di Liga Primera dalam kemenangan 3-0 Barcelona atas Eibar, Minggu (19/10/2014) dini hari WIB.

Striker berdarah Argentina itu hanya memerlukan tambahan satu gol lagi untuk memecahkan rekor Telmo Zarra sebagai top scorer Liga Primera sepanjang massa. Zarra mencetak gol ke-251 untuk Athletic Bilbao pada era 1940 hingga 1950an. Sementara, Messi berpeluang mencetak gol ke-251 dalam laga El Clasico lawan Real Madrid, Sabtu (25/10) nanti.

Advertisement

Sebenarnya, Messi bisa lebih cepat menandingi rekor Zarra jika berhasil menceploskan dua gol ke gawang Eibar. Namun, kiper Eibar, Xabi Irureta, sukses membuat peraih empat gelar Ballon d’Or itu frustrasi.

Messi memiliki dua peluang emas di babak pertama, tapi tembakan pertamanya berhasil ditepis Irureta, sedangkan yang kedua melebar di sisi gawang. Kebuntuan Barcelona baru berhasil dipecahkan saat Xavi merobek jala Eibar setelah menyambut umpan cerdas Messi pada menit ke-60. Berselang 12 menit, giliran Neymar mencatatkan nama di papan skor sebelum memberi assist berbuah gol ke-250 untuk Messi.

“Kami mengalami kesulitan di awal laga, tapi setelah itu semuanya berjalan lebih mudah. Mereka menjadi lebih lelah tapi pada saat yang sama kami bisa menerapkan pertahanan yang kuat, dan itu harus kami sadari,” kata Xavi, seperti dilansir Reuters, Minggu.

Advertisement

Hingga saat ini, kekuatan pertahanan yang diterapkan pelatih anyar Barcelona, Luis Enrique, terbukti ampuh. Klub berjuluk Blaugrana itu belum pernah satu kali pun

“Ini [tanpa kebobolan] bukan terjadi karena sebuah kebetulan, melainkan hasil kerja keras dari seluruh anggota tim. Pelatih telah mengatur beberapa aturan dan setiap orang menjalankan tugasnya dengan baik,” jelas Xavi.

Pada masa injury time, Messi sebenarnya memiliki peluang terakhir untuk menyamai rekor Zarra. Dia bekerjasama dengan baik dengan Andres Iniesta untuk membombardir pertahanan Eibar. Namun sayangnya, Irureta lagi-lagi menggagalkan serangan yang mestinya bisa menjadi gol ke-251 bagi Messi itu.

Advertisement

Di sisi lain, kemungkinan Messi mencetak gol dalam laga El Clasico mungkin bakal lebih sulit. Sebab, Real Madrid tentu tak akan membiarkan Raksasa Catalan itu menang mudah di Santiago Bernabeu.

Sejauh ini, striker andalan Madrid, Cristiano Ronaldo, juga telah menorehkan rekor mengesankan. Pemain berpaspor Portugal itu mencetak dua gol, salah satunya lewat penalti, saat timnya berkunjung ke markas Levante, Sabtu (18/10) malam WIB. Dia tercatat telah mengoleksi 15 gol dari delapan laga Liga Primera musim ini.

“Untuk mencetak gol lebih banyak dari Ronaldo sepertinya akan mustahil. Dia [Ronaldo] bakal melanjutkan performa gemilang ini dan kami akan membantunya mewujudkan itu,” kata Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.

“Kami menyambut laga El Clasico dengan performa tim yang bagus. Ini adalah laga sulit yang harus kami siapkan dan kini kami terlihat lebih solid. Kami konsentrasi penuh dan yakin bisa meraih hasil bagus,” sambung dia. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif