News
Senin, 20 Oktober 2014 - 15:33 WIB

PRESIDEN JOKOWI : Massa Menunggu di Halaman Istana, Minta Jokowi Berpidato

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SBY dan Jokowi (Detik)

Solopos.com, JAKARTA — Puluhan ribu warga telah menyemut di sekitar halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, untuk menanti ketibaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Massa hanya berjarak satu meter dari pagar istana merdeka. Diperkirakan ada 700-an orang yang berkumpul di dalam halaman Istana Merdeka. Hal ini menunjukkan istana kini tak lagi tertutup bagi publik. Mereka menunggu Jokowi yang masih berada di dalam istana untuk berorasi setelah keluar dari ruangan.

Advertisement

Selain di dalam halaman Istana Merdeka, ribuan orang lainnya menanti di bagian luar di depan halaman Istana Merdeka. Semua masyarakat dari berbagai kalangan, pejabat, wakil rakyat, pengusaha, wartawan, dan masyarakat biasa berbaur untuk menyaksikan langkah pertama Jokowi memasuki halaman Istana sebagai Presiden RI.

Sebelumnya, sekitar pukul 10.00 WIB, MPR yang diketuai oleh Zulkifli Hasan telah melantik Joko Widodo sebagai Presiden ke tujuh RI dan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden RI periode 2014 – 2019.

Seusai dilantik, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dengan menyusuri jalur sepanjang Jl. Jenderal Sudirman – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Medan Merdeka Barat. Di Istana, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama jajaran Kabinet Indonesia Bersatu telah menanti.

Advertisement

Hadir antara lain demisioner Mensesneg Sudi Silalahi, Menko bidang Perekonomian Chairul Tanjung, demisioner Menko bidang Polhukam Djoko Suyanto, Menko bidang Kesra Agung Laksono, Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Menteri Keuangan Chatib Basri, dan para menteri lainnya.

Dari pihak Jokowi, hadir sejumlah anggota tim transisi dan relawan seperti Anies Baswedan, Eva Kusuma Sundari, Teten Masduki, dan Rizal Sukma. Di Istana, Jokowi dan SBY akan melakukan Upacara Kemiliteran Penyambutan Presiden ke-7 RI dan Perpisahan Presiden ke-6 RI di Halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif