News
Senin, 20 Oktober 2014 - 05:50 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Tiket KA Semarang-Jakarta Ludes Terjual

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon penumpang mengantre untuk membeli tiket kereta api lokal di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (31/7/2014). Selama masa angkutan Lebaran 2014 ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggariskan kebijakan pembelian tiket kereta api lokal harus dilakukan empat jam sebelum jadwal pemberangkatan. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Ilustrasi . (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Tiket seluruh kereta api dari Kota Semarang, Jawa Tengah, tujuan Jakarta mulai Kamis (16/10/2014) sampai Minggu (19/10/2014) habis bertepatan menjelang pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2014.

Advertisement

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang Suprapto di Semarang, Minggu, membenarkan habisnya seluruh tiket KA jurusan Jakarta dari wilayah Daops IV, baik ekonomi hingga eksekutif.

Ia menyebutkan setidaknya ada empat KA tujuan Jakarta yang diberangkatkan dari Semarang, yakni KA Tawang Jaya, KA Argo Muria, KA Menoreh I, dan KA Menoreh II, kemudian tiga KA diberangkatkan dari Tegal.

“Untuk KA yang berangkat dari Tegal ada tiga, yakni KA Tegal Bahari untuk kelas bisnis dan eksekutif, KA Tegal Ekspress, dan KA Tegal Arum. Seluruh tiketnya juga habis sejak Kamis (16/10/2014),” katanya seperti dikutip Antara.

Advertisement

Meski demikian, ia tidak bisa memastikan kaitan antara habisnya tiket KA tujuan Jakarta itu dengan pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI yang rencananya digelar Senin (20/10/2014).

“Kebetulan, sekarang ini kan memang ‘weekend’. Setiap ‘weekend’ memang KA selalu penuh, terutama untuk tujuan Jakarta. Hanya saja, biasanya kalau akhir pekan hanya hari Sabtu dan Minggu yang ‘full’,” katanya.

Sementara pada akhir pekan ini, kata dia, tiket KA sudah habis dipesan/dibeli sejak hari Kamis (16/10/2014), dan berturut-turut hingga Minggu (19/10/2014) sehingga memang lebih ramai dibandingkan akhir pekan biasanya.

Advertisement

Suprapto menyebutkan kapasitas KA ke Jakarta rata-rata di atas 500 penumpang, seperti KA Tawang Jaya sebanyak 636 penumpang, KA Menoreh I dan II sebanyak 520 penumpang, dan KA Argo Muria kapasitas 430 penumpang.

“Saya juga heran kenapa akhir pekan ini tiket sudah habis sejak Kamis (16/10/2014). Berarti, kan banyak yang pergi ke Jakarta. Ya, tapi apakah karena Pak Jokowi dilantik atau bagaimana, kurang tahu,” tukasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif