News
Senin, 20 Oktober 2014 - 10:26 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Pelantikan Dimulai, Ucapan Terima Kasih untuk SBY dan Prabowo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sidang MPR (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Sidang Paripurna MPR dengan agenda pelantikan Jokowi-JK sudah dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sidang yang dihadiri 642 anggota MPR dan ratusan tamu undangan tersebut dibuka oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dengan menyebut satu-persatu nama tamu kehormatan.

Tepuk tangan riuh menyambut saat Zulkifli Hasan menyebut nama-nama Presiden SBY, Wapres Boediono, Presiden terpilih Jokowi, dan Wapres terpilih Jusuf Kalla (JK). Begitu pula saat nama para mantan presiden dan wakil presiden atau istri seperti Megawati Soekarnoputri, BJ Habibie, Sinta Nuriyah (istri mendiang Presiden Gus Dur), dan mantan wapres Tri Sutrisno.

Advertisement

Secara khusus, Zulkifli mengucapkan terima kasih atas kedatangan Prabowo Subianto yang menyempatkan diri hadir di pelantikan Jokowi-JK. “Terima kasih untuk Bapak Prabowo Subianto,” katanya.

Sidang ini dihadiri sejumlah tokoh perwakilan negara, seperti Raja Brunei Darussalam Sutan Hasanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, PM Singapura dan istri, PM Malaysia Datok Muhammad Najib tun Abdul Razak, PM Papua Nugini, PM Australia Tony Abbot, utusan PM Jepang, Menlu selandia Baru, Menteri Luar Negeri Filipina, Menlu AS John F Kerry, Menteri Perindustrian Rusia, utusan khusus Kerajaan Belanda, utusan Republik Sosialis Vietnam, utusan khusus Presiden Korea Selatan, dan utusan dari Kanada.

Sebelummya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) hadir di Ruang Rapat Paripurna I Gedung DPR/MPR pada pukul 09.59 WIB. Keduanya tiba di lobby ruang sidang paripurna menggunakan lift, bersama dengan Wakil Presiden Boediono dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla.

Advertisement

Jokowi dan SBY tampak sumringah, menyapa awak media dengan senyuman dan lambaian tangan. Jokowi menggunakan jas gelap, dilengkapi dengan dasi merah dan peci, senada dengan jas yang dikenakan SBY. Setelah keempatnya masuk ke dalam ruangan, acara pengambilan sumpah pun dimulai yang didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif