Jogja
Minggu, 19 Oktober 2014 - 14:15 WIB

PILKADA GUNUNGKIDUL : Pendaftaran Balon Bupati Wabup Dari PDIP Diperpanjang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Minimnya minat masyarakat dalam penjaringan Pilkada mengakibatkan pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati di DPC PDI Perjuangan Gunungkidul diperpanjang hingga dua minggu ke depan.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Gunungkidul Agus Sujatmo mengatakan seharusnya pendaftaran ditutup Jumat (17/8/2014). Namun karena persyaratan pengajuan balon ke Dewan Pengurus Daerah (DPD) minimal empat balon, sedang jumlah pendaftar masih minim, DPC PDI Perjuangan Gunungkidul memilih memperpanjang pendaftaran.

Advertisement

“Saat ini baru ada dua calon, dan jumlahnya masih kurang. Untuk itu, waktu pendaftaran kami perpanjang hingga dua minggu ke depan,” kata Agus saat dihubungi Harianjogja.com, Sabtu (18/10/2014).

Jika hingga batas perpanjangan tak ada yang mendaftar, imbuhnya, nama-nama yang telah masuk tetap akan disodorkan ke DPW. Meski pun, jumlah balon tidak sesuai dengan persyaratan yang ada.

Agus menambahkan, dua balon yang masuk adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul Budi Utama dan mantan Direktur Penagihan Direktorat Jendral Pajak, Jangkung Sudjarwadi. Sayangnya, kedua nama muncul bukan dari inisiatif pribadi, karena nama-nama itu muncul berasal dari usulan dari akar rumput atau Pengurus Anak Cabang.

Advertisement

“Kami akui dua nama itu berasal dari penjaringan di internal partai. Sedangkan, yang berasal dari masyarakat umum, hingga saat ini belum ada yang mendaftar,” ungkap dia.

Terpisah, Ketua PAC PDI Perjuangan Playen Agus Joko Kriswanto membenarkan, pihaknya dalam penjaringan internal cabang menyodorkan dua nama, yakni Budi Utama dan Jangkung Sudjarwadi. Menurut dia, munculnya dua kandidat itu merupakan aspirasi dari pengurus ranting di Kecamatan Playen.

“Kalau pak Budi sudah jelas, dia merupakan Ketua DPC. Sedang untuk pak Jangkung dia memiliki pengalaman yang segudang dan wawasan yang luas. Apalagi, dia juga asli orang dari sini,” ungkap dia.

Advertisement

Agus mengakui, pengusungan nama mantan Direktur Penagih Pajak bukan hanya berasal dari PAC Playen. Sebab, tiga PAC, yakni Karangmojo, Tanjungsari dan Tepus memberikan dukungan yang sama.

“Ternyata dia (Jangkung) telah mempersiapkan pencalonan sejak jauh-jauh hari. Tidak menutup kemungkinan, dukungan untuknya akan terus bertambah,” kata dia

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif