News
Minggu, 19 Oktober 2014 - 18:28 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Warga Soloraya Serbu Ibu Kota, Tiket KA Tujuan Jakarta Ludes

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api di Stasiun Jebres, Solo (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api tujuan Solo-Jakarta maupun Jogja-Jakarta di semua kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif untuk keberangkatan, Minggu (19/10/2014), ludes. Diduga, hal ini merupakan dampak dari arus warga Soloraya untuk membanjiri Jakarta jelang pelantikan Jokowi-JK.

PT KAI Daops VI/Yogyakarta memprediksi lonjakan penumpang karena masyarakat Solo, Jogja, dan sekitarnya ingin merayakan pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) ke-7, Senin (20/10/2014) besok. Informasi yang dihimpun Solopos.com, load factor sejumlah kereta api mencapai 100% pada Minggu.

Advertisement

Rute-rute yang penuh itu antara lain Kereta Api (KA) Gajayana rute Malang-Jakarta Kota PP, Argodwipangga rute Jakarta-Solo PP, Senja Utama Solo rute Solo-Pasar Senen PP, Bima rute Jakarta Kota-Surabaya Gubeng PP, Gajah Wong rute Pasar Senen-Lempuyangan PP, Senja Utama Jogja rute Jogja-Pasar Senen PP, Bengawan rute Purwosari-Tanjung Priok PP, Jaka Tingkir rute Solo Jebres-Pasar Senen PP, Krakatau Ekspres rute Merak-Kediri PP, dan lain-lain.

Manajer Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Bambang Setyo Prayitno, menuturkan kondisi tersebut di luar prediksi. Pasalnya, load factor kereta api tujuan Solo-Jakarta maupun Jogja-Jakarta pada akhir pekan tanpa disertai momen pelantikan Jokowi hany berkisar 80%-90%. Penumpang melonjak pada akhir pekan karena Solo dan Jogja merupakan tujuan wisata.

“Tapi akhir pekan ini berbeda. Ada lonjakan 5%-10% dari pekan biasa. Tiket [Solo-Jakarta dan Jogja-Jakarta] ludes sampai keberangkatan malam [Minggu]. Demikian hal rute Bandung dari Solo dan Jogja. Kemungkinan kehabisan tiket lantas transit Bandung lalu ke Jakarta,” kata Bambang saat dihubungi Espos, Minggu.

Advertisement

Bambang memprediksi masyarakat mengalami euforia pelantikan mantan Walikota Solo menjadi orang nomor satu di Jakarta. Bahkan sejumlah masyarakat Solo dan Jogja memanfaatkan momen itu hingga detik terakhir. Hal itu tampak dari pemesanan tiket kereta api pada Senin (20/10). Bambang melihat load factor mencapai 70%-80%.

“Faktanya load factor kereta api keberangkatan Senin mencapai 90% sejak pagi. Ini kemungkinan masyarakat masih memanfaatkan waktu untuk ikut merayakan pelantikan Jokowi sebagai RI 1,” imbuh dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif