Soloraya
Minggu, 19 Oktober 2014 - 20:30 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Tak Bisa ke Jakarta? Pesta di Solo Tak Kalah Meriah, Ini Gambarannya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memfasilitasi masyarakat yang ingin merayakan pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI ke-7. Dua fasilitas yang bisa dinikmati adalah Sepur Kluthuk Jaladara dan bus tingkat Werkudara.

Mereka akan mengarak 100 orang perwakilan guru dan murid dari SD Negeri 111 Tirtoyoso, SMP Negeri 1 Surakarta, dan SMA Negeri 6 Surakarta menggunakan Sepur Kluthuk Jaladara dan bus Werkudara pada Senin (20/10/2014). Mereka berangkat dari perlintasan kereta api di Jl. Slamet Riyadi atau dikenal dengan rel bengkong pada pukul 08.00 WIB. Perjalanan berakhir di bundaran Gladak Solo.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Komunikasi dan Informasi Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Isnan Wihartanto, menuturkan kegiatan itu sebagai apresiasi dan rasa syukur pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI ke-7 di Jakarta.

“Kami berdoa bersama di bundaran Gladak. Kami membuat 7 nasi tumpeng yang akan didoakan 6 pemuka agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Kami memfasilitasi masyarakat yang ingin merayakan pelantikan Jokowi tetapi tidak bisa ke Jakarta,” kata Isnan saat ditemui Espos tengah mempersiapkan hiasan pada Sepur Kluthuk di Depo Perawatan Purwosari, Minggu (19/10/2014).

Sepur Kluthuk akan dipasang spanduk digital berisi ucapan selamat, doa, dan harapan agar Jokowi dapat memulai dan menyelesaikan jabatan sebagai Presiden RI ke-7 dengan baik dan lancar. Isnan menuturkan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, juga akan hadir melakukan doa bersama di bundaran Gladak.

Advertisement

Selain itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyelenggarakan nonton bareng pelantikan Jokowi di kantor DPC PDIP Solo di Purwosari, Senin (20/10) pukul 10.00 WIB. Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, menuturkan pihaknya tidak mewajibkan pengurus dan anggota DPC PDIP Solo mengikuti acara itu.

“Hari kerja, jadi tidak diwajibkan. Kami persilakan bagi yang ingin datang. Kami memasang layar besar di kantor [DPC PDIP]. Kami tidak datang ke pelantikan di Jakarta karena tidak menerima undangan,” ujar Teguh saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Salah satu Relawan Jokowi, Mayor Haristanto, juga memiliki cara memfasilitasi sejumlah perusahaan dan kelompok masyarakat yang ingin memberikan ucapan selamat pelantikan Jokowi. Mayor membuat karangan bunga digital dan diletakkan di trotoar sisi timur Benteng Vastenburg pada Minggu pukul 16.00 WIB. Selanjutnya karangan bunga ukuran 2×2 meter dengan tinggi 3 meter itu akan dipasang selama tiga hari.

Advertisement

“Ada 17 karangan bunga digital berisi ucapan selamat dan harapan dari sejumlah perusahaan, komunitas, dan kelompok masyarakat di Solo. Ini wujud antusiasme masyarakat Solo atas pelantikan Jokowi,” ujar Mayor saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif