News
Minggu, 19 Oktober 2014 - 12:45 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Masyarakat Diminta Tidak Jabat Tangan dengan Jokowi-JK

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Apel gabungan di Senayan, Kamis (16/10/2014). (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Polri akan melakukan sterilisasi di empat titik lokasi pada Minggu (19/10/2014) malam ini terkait rangkaian acara pelantikan presiden dan wakil presiden 2014 pada Senin (20/10/2014) besok.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Ronny F. Sompie, mengatakan keempat titik itu ialah Gedung DPR/MPR, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Istana Negara, dan Monumen Nasional (Monas). “Nanti malam kami akan lakukan sterilisasi di empat titik, beserta sekitarnya untuk mencegah gangguan pelaksanaan acara besok,” katanya, Minggu (19/10/2014).

Advertisement

Dengan dilakukannya sterilisasi tersebut, maka pengecekan terakhir terkait dengan persiapan rangkaian acara pengambilan sumpah presiden besok dilakukan hari ini.

Gladi bersih pun, sambungnya, telah dilakukan pagi tadi oleh Kapolda Metro Jaya di Gedung Parlemen. Kapolda juga mengecek rute jalan yang akan dilalui oleh presiden dan wakil presiden dari Gedung Parlemen menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk pelaksanaan kirab budaya.

Terkait dengan prosesi arak-arakan yang akan dilakukan dari Bundaran HI menuju Istana Negara, Ronny mengatakan aparat akan membentuk pagar betis sepanjang jalur tersebut.

Advertisement

Hal itu ditujukan guna meminimalisir potensi gangguan yang dapat menyerang presiden dan wakil presiden, serta mengetatkan pengamanan. Mengenai berapa personel yang akan diturunkan dalam pagar betis tersebut, Ronnya tak tahu pasti.

Selain itu, untuk memperlancar berlangsungnya kegiatan arak-arakan tersebut, jalan di sekitar Bundara HI kemungkinan akan ditutup sementara waktu dari kendaraan. “Nanti seperti car free day saja. Masyarakat diimbau tidak jabat tangan kepada presiden dan wakil presiden karena sudah kami pagar betiskan,” jelasnya.

Hingga saat ini, papar Ronny, tidak ada kendala yang berarti dan aparat siap mengamankan jalannya acara pelantikan besok sehingga dapat berlangsung aman dan tertib. Ia juga meminta kepada masyrakat untuk mendukung aparat dalam mewujudkan suasana yang kondusif.

Advertisement

“Kami yakin semua berjalan dengan lancar dan aparat sudah dalam kondisi siap,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif