News
Minggu, 19 Oktober 2014 - 18:11 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Inilah Kicauan dan Foto Perpisahan SBY di Twitter Jelang Meninggalkan Istana

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Menjelang ujung masa jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunggah foto dan kicauan lewat Twitter menjelang hari terakhirnya bertugas di Istana Negara. Dimulai dengan sebuah foto yang menunjukkan SBY dan Ibu Ani Yudhoyono mengecek persiapan lepas sambut, SBY mulai bercerita tentang perpisahannya.

“Pagi ini Presiden SBY & Ibu Ani Yudhoyono berkeliling Istana, cek persiapan lepas sambut Presiden Terpilih, besok,” ujar @SBYudhoyono dalam kicau pertama hari ini, Minggu (19/10/2014).

Advertisement

Menurut SBY, ini adalah kali pertama ada acara lepas sambut bagi presiden terpilih sepanjang sejarah Indonesia merdeka. Dalam berbagai pergantian presiden sejak Soekarno ke Soeharto hingga dari Megawati ke SBY, Istana Negara belum pernah menggelar agenda serupa.

Foto yang diunggah akun @SBYudhoyono, Minggu (19/10/2014). SBY memberi keterangan “Ruang kerja Presiden ini sebentar lagi akan beralih penghuni. Fungsinya tetap sama: memastikan rakyat sejahtera”. (Istimewa/Twitter)

Selain itu, SBY juga mengunggah beberapa foto yang membuat para follower menyatakan keharuannya. “Ruang kerja Presiden ini sebentar lagi akan beralih penghuni. Fungsinya tetap sama: memastikan rakyat sejahtera,” kicau SBY memberikan keterangan untuk foto ruang kerjanya di Istana Negara.

Advertisement

SBY juga mengunggah foto Ani Yudhoyono bekerja dengan sebuah laptop dan tumpukan koran di meja. Foto itu diberi keterangan “Menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa”.

Namun yang paling membuat para followernya berkomentar haru adalah dua foto yang menggambarkan awal dan akhir SBY dan Ani di Istana Negara. Foto pertama menggambarkan saat keduanya kali pertama memasuki Istana pada 20 Oktober 2004. SBY dan Ani melambaikan tangan di samping sebuah sedan hitam. SBY memberinya keterangan “Datang tampak muka (foto: 20 Oktober 2004)”.

Advertisement

Sedangkan foto kedua menunjukkan keduanya bergandengan berjalan bersama dengan posisi membelakangi kamera. Tak ada keterangan di mana foto itu diambil. Namun SBY memberi foto itu keterangan tertulis “Pergi tampak punggung”.

Hingga berita ini ditulis, foto terakhir diretweet hingga 1.700 kali dan mengundang banyak komentar perpisahan. “Sedih liat tweetnya Pak @SBYudhoyono. Bagaimanapun, Pak, terima kasih. Untuk 10th kepemimpinan Bapak. Kami belajar banyak…” kicau @aiShinoda.
“Terima Kasih Pak, kami bangga pd seorang negarawan spt bapak @SBYudhoyono,” kicau @pp_ipnu.

Sebelum foto itu diunggah, SBY juga sempat menyatakan permohonan maafnya atas segala kekurangan selama 10 tahun memerintah. “Mohon maaf jika 10 th pimpin negeri tercinta, ada tutur kata/perilaku yg tdk berkenan di hati bapak, ibu & saudara, rakyat Indonesia. *SBY*,” kicaunya. “Sesungguhnya, dengan segala kekurangan yang kami miliki, kami ingin berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Salam sayang kami. *SBY*.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif