Lifestyle
Minggu, 19 Oktober 2014 - 13:15 WIB

Museum Kian Asyik Dikunjungi, Apa Saja Fasilitas Tambahannya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UPACARA HUT RI KE-68

Harianjogja.com, JOGJA-Sejak pemberlakukan wajib kunjung museum bagi pelajar DIY, jumlah pengunjung mengalami peningkatan. Hanya, jumlah kunjungan belum merata di seluruh museum. Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY berusaha meningkatkan jumlah kunjungan dengan menambah aneka fasilitas.

Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Museum Disbud DIY Ariyanti Luhur Tri Setyarini mengatakan fasilitas terbaru yang akan segera dipenuhi berupa penambahan dua armada layanan antar jemput siswa sekolah untuk berkunjung ke museum-museum yang ada di DIY pada Desember 2014. Total, bus kunjungan museum untuk pelajar mencapai empat unit.

Advertisement

“Penambahan bus ini supaya kunjungan pelajar di DIY ke museum tidak terlalu lama menunggu,” kata Ririn, sapaan akrabnya, Sabtu (18/10/2014)

Selain itu, pelajar juga digratiskan dari biaya tiket dan konsumsi selama kunjungan. Khusus pembebasan biaya, imbuhnya, baru dilakukan di beberapa museum. Untuk memudahkan pelajar memahami materi, pemandu tidak hanya dituntut menguasai materi tetapi juga trampil menguasai game yang berkaitan dengan museum.

Ririn menambahkan, jumlah museum di DIY ada 47. Namun, yang sudah tercatat di Badan Musyawarah Museum (Baharmus) hanya 33 museum. Saat ini kondisi museum masih perlu direvitalisasi baik dari sisi fasilitas, sumberdaya manusia pengelola museum, legalitas dan organisasi kelembagaannya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif