Sport
Sabtu, 18 Oktober 2014 - 12:50 WIB

ULAH PESEPAK BOLA : Nekat Menarik Kaus sendiri, Penyerang Santos Ini Terancam Diskorsing

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, RIO DE JANEIRO — Penyerang Brasil Leandro Damiao terancam skorsing enam pertandingan dari pengadilan olahraga negaranya (STJD) karena menarik kaus sendiri dalam upaya mendapatkan hadiah penalti.

Penyerang Santos itu menarik kausnya sendiri saat ia berlari pada situasi tendangan sudut, pada pertandingan Minggu.

Advertisement

Santos kalah 0-3 dari Criciuma dan meski wasit tidak melihat insiden tersebut, pengadilan mendakwa sikap tidak sportif itu setelah menyaksikan bukti-bukti rekaman video.

Pada Kamis (16/10/2014) malam STJD berkata bahwa pihaknya mempertimbangkan pemain internasional itu melakukan “upaya mengelabui wasit” dan mempertimbangkan skors maksimal enam pertandingan.

Setelah menyaksikan rekaman pertandingan, penuntut pengadilan Paulo Schmitt menyatakan bahwa sang penyerang terlihat melakukan “sikap yang bertentangan dengan etika dan disiplin olahraga,” serta mengutuk “aksi berpura-pura” tersebut.

Advertisement

Leandro berkata kepada televisi Brazil setelah pertandingan, “Saya tidak berpura-pura – saya hanya menarik kaus saya karena (kaus) itu menempel pada saya.”

Ia menambahi bahwa dirinya tidak memohon wasit untuk memberi pelanggaran terhadap pemain lawan.

Namun STJD tidak percaya dengan pernyataan tersebut.

Advertisement

“Pada hari-hari ini, para wasit terlalu banyak dikritik untuk kesalahan-kesalahan yang mungkin mereka buat pada sejumlah pertandingan.”

“Namun para pemain merupakan pihak pertama yang tidak membantu wasit, di mana dalam kasus ini sang pemain dengan jelas menarik kausnya sendiri di kotak penalti lawan,” demikian bunyi pernyataan STJD.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif