News
Sabtu, 18 Oktober 2014 - 08:20 WIB

Prambanan Jadi Pusat Jambore Pemuda Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan pamuda (JIBI/Solopos/Septian Ade Mahendra)

Harianjogja.com, JOGJA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memusatkan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-84 di Komplek Candi Prambanan, 26 Oktober – 2 November mendatang.

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) menjadi rangkaian puncak dari momentum peringatan HSP. Asisten Deputi Kepemudaan Kemenpora Mahdir Ahmad Syafii mengungkapkan, JPI sekaligus akan menjadi pencanangan tahun kebangkitan pemuda 2014 ini.

Advertisement

Rencananya JPI akan melibatkan 1500 pemuda utusan dari seluruh elemen kepemudaan provinsi di seluruh Indonesia serta perwakilan pemuda dari negara-negara ASEAN.

Dia menjabarkan, tema yang diusung dalam JPI adalah Bangun Pemuda Maju dan Berkelanjutan.
Rencananya pembukaan JPI secara resmi akan dilakukan secara langsung oleh Presiden baru, Joko Widodo.

“Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah perkemahan selama sepekan dengan beragam aktivitas yang akan dilakukan,” ujarnya dalam sosialisasi kegiatan di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Jumat (17/10/2014).

Advertisement

Adapun aktivitas yang akan dilakukan dalam JPI antara lain, kirab budaya pemuda nusantara, dialog interaktif antarpemuda, pentas seni daerah, pameran, workshop keterampilan unggulan daerah, senam kreasi daerah, kunjungan budaya, bakti sosial dan penjelajahan kampung lereng Merapi.

Lebih lanjut Syafii menerangkan, JPI menjadi kegiatan unggulan Kemenpora. Pasalnya even yang akan berlangsung sepekan itu memiliki nilai-nilai strategis dalam rangka memperkuat pembentukan karakter bangsa dan meningkatkan daya saing serta kemandirian pemuda.

“Tujuannya adalah meningkatkan wawasan kebangsaan, serta kesadaran dan cinta Tanah Air sekaligus memahami keanekaragaman seni budaya. Terakhir tujuan inti yang ingin kami capai yaitu memupuk rasa persatuan dan kesatuan dan melatih kreativitas pemuda,” tandasnya.

Advertisement

Elemen pemuda yang akan terlibat dalam kegiatan itu antara lain perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dari 33 provinsi dan sejumlah pelajar serta mahasiswa.

Sementara itu Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora Junaedi menambahkan, setelah kegiatan JPI berakhir, akan dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif