Otomotif
Kamis, 16 Oktober 2014 - 15:10 WIB

Mobil Terasa Tidak Seimbang? Ini Yang harus Cek

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Hariajogja.com, JAKARTA — Jika mobil Anda sering selip ke satu sisi atau Anda harus tetap mengarahkan kemudi agar tetap berjalan lurus, besar kemungkinan bahwa ban mobil Anda sudah tidak sejajar lagi. Hal tersebut bisa terjadi akibat mobil Anda terantuk lubang yang cukup dalam atau karena ban mobil Anda pernah menabrak tepi trotoar.

Advertisement

Akan tetapi, sebelum Anda menuju bengkel untuk memperbaiki ban mobil Anda yang mana biayanya tidak murah, ada baiknya Anda melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu, siapa tahu ketidakseimbangan ban mobil Anda terjadi karena hal lain.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda cek jika mobil terasa tidak seimbang :

1. Tekanan Ban
Hal pertama yang harus Anda cek adalah tekanan ban mobil Anda. Ban dengan tekanan yang kurang dari batas normal juga dapat menyebabkan mobil sering “lari” ke satu sisi. Karena itu, sebelum membawa mobil Anda untuk melakukan spooring dan balancing, cek dulu tekanan seluruh ban mobil Anda.

Advertisement

2. Kondisi Ban
Setelah memeriksa tekanan ban, hal berikutnya yang harus Anda cek adalah kondisi ban mobil Anda, apakah masih bagus atau sudah mulai menipis, serta apakah bagian tepinya sudah robek atau belum.

Jika ternyata kondisi ban mobil Anda sudah tak layak pakai lagi, cobalah ganti ban mobil yang sudah jelek tersebut dan lihat hasilnya. Jika ternyata mobil masih tidak seimbang, Anda baru bisa memeriksakan mobil tersebut untuk dicek di bengkel.

3. Suspensi Mobil
Getaran di mobil Anda bukanlah disebabkan oleh ban yang tidak sejajar. Getaran yang terjadi bisa disebabkan oleh ban yang tidak sempurna lagi atau rusak akibat menabrak lubang, atau bisa juga yang rusak adalah suspensi mobil Anda.
Lubang yang cukup besar memang menjadi “musuh” bagi mobil-mobil. Jika ternyata suspensi mobil Anda yang rusak, perbaiki dulu suspensi tersebut, baru mengecek ban mobil Anda.

Advertisement

4. Baut Ban
Baut ban yang kendur ternyata juga dapat menyebabkan jalannya mobil tidak seimbang. Baut ban bisa saja kendur sendiri apabila mobil melaju kencang di jalanan yang tidak rata, terutama apabila melewati turunan berkelok-kelok dan bergelombang sehingga Anda harus sering-sering mengerem.
Beberapa kendaraan hanya mewajibkan Anda untuk melakukan spooring dan balancing di ban depan saja, tapi beberapa kendaraan harus dicek keempat bannya. Setiap kendaraan tidak mencantumkan kapan saatnya Anda harus melakukan spooring dan balancing, tapi akan lebih baik apabila Anda melakukan spooring dan balancing setiap satu kali dalam setahun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif