Soloraya
Kamis, 16 Oktober 2014 - 00:39 WIB

LOWONGAN KERJA : Berkah Jobfair di Hartono Mall Solo Baru Ada 218 Posisi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa kerja (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO—Sukses mempertemukan pekerja dan pengusaha pada gelaran Berkah Jobfair 2013, acara tersebut kembali digelar di lokasi yang sama, yakni Hartono Mall pada Rabu-Kamis (15-16/10/2014).

Sebanyak 50 perusahaan yang menyediakan 218 lowongan pekerjaan terlibat dalam acara tersebut. Ketua Panitia Berkah Jobfair, Gus Minging D. Setiawan, menyampaikan pihaknya kembali menggelar kegiatan serupa karena pada tahun ini karena animo peserta (perusahaan) dan pencari kerja sangat bagus.

Advertisement

Menurut dia, sekitar lebih dari 50% peserta yang mengikuti jobfair pada tahun lalu kembali mengikuti gelaran yang serupa pada tahun ini.

“Berkah Jobfair kali ini menawarkan 218 posisi dengan kebutuhan tenaga kerja sebanyak 3.000 orang dengan kualifikasi pendidikan SMP, SMA/SMK, D1, S1 dan S2,” ungkap Gus Minging saat dijumpai wartawan disela acara, Rabu (15/10/2014).

Menurut dia, sebanyak 70% dari lowongan yang dibuka, kualifikasi yang dibutuhkan minimal lulusan diploma. Namun kalau dari segi jumlah, lulusan SMP dan SMA/SMK paling banyak dicari.

Advertisement

Background perusahaan yang menjadi peserta jobfair antara lain manufacturing,media broadcasting, supermarket, health, otomotif dan lainnya. Namun yang paling banyak membuka lowongan adalah manufacturing.

Dia mengatakan pelamar yang ingin mengikuti jobfair bisa melakukan registrasi melalui online di www.berkahjobfair.com. Hal tersebut untuk mempercepat pencari kerja dalam melamar mengingat sebelum memasukkan lamaran kerja, job seeker harus registrasi terlebih dahulu.

Pada hari pertama tercatat sebanyak 1.275 orang melakukan registrasi online dan 1.000 orang registrasi secara offline. Data pelamar tersebut, selanjutnya diserahkan kepada masing-masing perusahaan untuk di-follow up.

Advertisement

“Keuntungan mengadakan kegiatan di mal adalah gratis dan buka dari pagi hingga malam, sesuai jam buka mal,”
jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto, menyambut baik adanya jobfair tersebut. Menurut dia, penyelesaian masalah pengangguran tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah (pemda) tapi semua pihak untuk membuka kesempatan pencari kerja.

Dia menyampaikan selama ini ada sekitar 18.000 pengangguran di Sukoharjo. Oleh karena itu, dengan adanya jobfair tersebut mampu mengurangi jumlah pengangguran.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif