Lifestyle
Rabu, 15 Oktober 2014 - 04:10 WIB

RUTE BARU PENERBANGAN : Wings Coba Layani Bandung-Solo-Surabaya

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat ATR 72-500/600 milik maskapai Wings Air (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Maskapai Wings Air mulai Rabu (15/10/2014) resmi mengisi rute Surabaya-Solo-Bandung. Rute ini menyambung rute yang sebelumnya sudah berjalan, yakni Surabaya-Solo yang telah dioperasikan sejak Juli 2014.

Wings Air memang sebelumnya dijadwalkan mengisi rute Surabaya-Solo-Bandung. Namun, maskapai anggota Lions Group tersebut baru kini mengisi rute Solo-Surabaya.

Advertisement

Operation Departement Head PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Tri Joko Wahyuono, menerangkan dengan dioperasikannya rute Surabaya-Solo-Bandung tersebut, Wings Air akan take off atau lepas landas dari Solo menuju Bandung pada pukul 07.30 WIB dengan waktu penerbangan sekitar satu jam. Pesawat dijadwalkan tiba di Bandung pukul 08.35 WIB dan akan diberangkatkan kembali pukul 09.00 WIB sehingga kembali tiba di Solo pukul 10.10 WIB. Setelah itu, maskapai yang menggunakan pesawat ATR 72-500/600 ini kembali melanjutkan perjalanan pada pukul 10.25 WIB menuju Surabaya.

“Sebelumnya, Wings Air berencana menghubungkan tiga kota [Surabaya-Solo-Bandung]. Oleh karena itu, slot time ini sudah kami siapkan sejak jauh hari tapi karena pengurusan perizinan sehingga selama ini baru rute Solo-Surabaya yang beroperasi,” ungkap Wahyu kepada wartawan, Selasa (14/10/2014).

Load Factor Bagus
Sementara itu, Station Manager Lion Air, Leo Kartiko, menyampaikan load factor atau tingkat keterisian Wings Air selama beroperasi hingga September dinilai cukup bagus. Menurut dia, rata-rata tingkat keterisian mencapai 50% dari total kapasitas 72 penumpang setiap harinya. Leo mengaku optimis perpanjangan rute ini berdampak positif bagi maskapai.

Advertisement

Hal ini karena permintaan rute Surabaya-Solo-Bandung ini cukup banyak. “Banyak penumpang yang menanyakan kelanjutan rute ke Bandung sehingga dengan pengoperasian rute penuh ini kami optimistis load factor akan meningkat,” kata dia.

Dia menuturkan pengoperasian rute ini diperkirakan menyedot banyak penumpang terutama dari kalangan wisatawan. Leo menyampaikan tidak ada kendala khusus yang menyebabkan lambatnya realisasi pengoperasian rute Solo-Bandung setelah pembukaan rute Solo-Surabaya. Dia mengatakan perizinan pengajuan rute memang biasanya membutuhkan waktu.

Adi Soemarmo pun akan makin ramai karena selain Wings Air yang memperpanjang rute, beberapa maskapai juga berniat mengisi rute baru dalam waktu dekat. Di antaranya Air Asia yang akan mengisi rute Solo-Denpasar serta Sriwijaya Air yang akan mengoperasikan rute Solo-Pontianak.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif