Jogja
Rabu, 15 Oktober 2014 - 06:20 WIB

Masih Ada Seratusan SIM Belum Diambil di Polres Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SIM (halopolisi.com)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Distribusi Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sempat tertunda lantaran kurangnya material SIM beberapa waktu lalu sudah hampir selesai. Tinggal 100-an warga yang belum mengambil SIM.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Polres Gunungkidul Iptu Wakijan mengatakan, material pembuat SIM sudah datang sejak 30 Agustus lalu. Sebanyak 4.522 SIM yang sempat tertunda pembuatannya pun langsung dilakukan.

Advertisement

“Namun, warga yang mengambil ke Mapolres Gunungkidul masih sedikit. Setiap hari-nya hanya ada sekitar enam hingga tujuh orang. Kira-kira berlangsung selama dua minggu,” ujar dia, Senin (13/10/2014).

Hingga saat ini, lanjut dia, sekitar 100-an warga yang belum mengambil SIM. Hal itu disinyalir karena warga belum tahu atau karena bepergian ke luar daerah. Ia mengimbau warga untuk segera mengambil karena surat keterangan pengganti SIM hanya berlaku hingga akhir Oktober 2014.

Bintara Urusan SIM Polres Gunungkidul Aiptu Slamet Riyanto menambahkan, Polres Gunungkidul pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat jika SIM sudah bisa diambil. Menurutnya, Polres Gunungkidul pun menjemput bola dengan delivery SIM ke seluruh Polsek di Gunungkidul.

Advertisement

“Kami berkeliling ke 18 Polsek di Gunungkidul. Satu hari satu Polsek tujuan dan membawa SIM yang sudah jadi sesuai daerah tujuan,” ujar dia.

Menurutnya, delivery SIM dilakukan setiap hari mulai pukul 14.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun, warga yang mengambil SIM di Polsek tidaklah banyak. Menurut Slamet, warga yang mengambil di Polsek sekitar 11 orang. Delivery terakhir kali dilakukan di Polsek Ponjong pada 10 Oktober lalu.

“Tapi, efeknya besar. Keesokan harinya, pasti banyak yang mengambil di Mapolres. Sehari bisa 200 hingga 250 orang yang mengambil SIM,” ujar dia.

Advertisement

Slamet menambahkan, ia bekerja sama dengan Polsek di Gunungkidul untuk menyosialisasikan SIM sudah bisa diambil. Selain itu, informasi tersebut juga disebarkan oleh warga yang sudah mengambil SIM.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif