Entertainment
Rabu, 15 Oktober 2014 - 20:44 WIB

K-POP : Ada Bercak Putih di Wajah Personel Exo, Panuan atau Busikan?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kim Jong-In Exo (JIBI/Detik)

Solopos.com, SEOUL – Personel boyband Exo, Kim Jong-In atau Kai sedang jadi perbincangan di media sosial. Perkaranya cukup menggelitik, dalam sebuah foto terlihat Kim Jong-In memiliki bintik putih yang diduga panu. Benarkah?

Unggahan foto dari Detik, Rabu (15/10/2014) bikin heboh penggemar K-Pop. Dalam foto itu terlihat personel Exo, Kim Jong-In memiliki bercak putih di wajahnya. Diduga bercak putih itu adalah panu.

Advertisement

Tidak ada keterangan lebih detail tentang hal itu. Yang pasti, bercak putih tersebut teramati dengan jelas di pipi kanan Kai dalam sebuah foto close up yang konon diambil di Bandara Shanghai ini. Bahkan, masih kelihatan dalam foto lain yang diambil dari jarak yang lebih jauh.

“JAHAT BANGET ,” keluh pemilik akun @krisluhan007, Rabu. NGAKAK DIKATAIN PANUAN, timpal @exopassus. “Hanjir panuan-_-,” kata @baesekai.

Advertisement

“JAHAT BANGET ,” keluh pemilik akun @krisluhan007, Rabu. NGAKAK DIKATAIN PANUAN, timpal @exopassus. “Hanjir panuan-_-,” kata @baesekai.

Menurut dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre, salah satu ciri panu memang bisa dikenali dari warnanya. Istilah medis untuk panu adalah tinea versicolor, yang memang artinya berbeda warna dengan warna kulit. Umumnya lebih cerah, tapi bisa juga lebih gelap.

“Panu umumnya berwarna putih pada orang kulit coklat atau hitam, sedangkan pada orang berkulit putih warnanya kecoklatan. Jadi panu tidak selalu berwarna putih,” kata dr Nyoman seperti dikutip Solopos.com dari Detik, Rabu (15/10/2014).

Advertisement

Belum Tentu Panu

Namun, Nyoman mengatakan bercak semacam itu belum tentu panu, bisa juga disebabkan oleh kondisi yang disebut pityriasis alba.

“Belang putih di wajah umumnya disebabkan oleh alergi yang dikaitkan dengan paparan sinar matahari. Penyakit ini dikenal dengan istilahpityriasis alba,” tutur dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Centre Denpasar kepada detikHealth, seperti ditulis Rabu (15/10/2014).

Advertisement

Pityriasis alba adalah salah satu kondisi kulit yang muncul karena alergi paparan sinar matahari. Secara kasat mata memang mirip seperti panu karena ditandai dengan bercak putih di permukaan kulit wajah, dan banyak ditemukan pada anak-anak hingga remaja.

Di kalangan masyarakat Jawa, dikenal pula istilah busikan untuk menyebut bercak putih di wajah yang bukan disebabkan oleh panu. Di daerah lain, ada yang menyebutnya buras. Senada dengan dr Nyoman, dr Niken Wulandari, SpKK dari RSUD Tangerang juga menyebut bercak-bercak putih di kulit wajah lebih mungkin disebabkan oleh kondisi selain panu.

“Bercak putih bersisik atau busikan di wajah belum tentu panu, bisa juga kelainan kulit lainnya yaitu pityriasis alba yang secara klinis mirip dengan panu,” ujar dr Niken.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif