News
Rabu, 15 Oktober 2014 - 13:57 WIB

HAJI 2014 : Pesawat Jemaah Haji Solo Mendarat Darurat di Sri Lanka

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat sewaan Garuda Indonesia melayani kelompok terbang pertama jemaah calon haji Embarkasi Solo, Senin (1/9/2014). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Pesawat yang ditumpangi jemaah haji kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Haji Solo mendarat darurat di Bandara Internasional Colombo, Sri Lanka. Hal itu dilakukan karena ada gangguan teknis pada pesawat yang ditumpangi mereka.

Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji, Badrus Salam, mengatakan jemaah haji yang tergabung di kloter 14 direncanakan tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, pada Rabu (15/10/2014) Pukul 03.20 WIB. Ia menuturkan karena ada gangguan tersebut jemaah yang berasal dari Kota Salatiga dan Kabupaten Demak itu sampai di Tanah Air pukul 19.00 WIB.

Advertisement

“Sebenarnya sudah diketahui akan delay, awalnya mereka para jemaah akan tiba pukul 03.20 WIB terus berubah jadi pukul 05.30 WIB, terus 15.30 WIB, dan informasi terakhir mereka akan tiba pukul 19.00 WIB,” beber Badrus saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Rabu (15/10/2014).

Badrus menambahkan tidak mengetahui secara pasti penyebab gangguan pesawat itu. Namun, pesawat tersebut mendarat dengan aman di Bandara. Saat ini, lanjut dia sudah ada pesawat lain dari Bandara Adi Soemarmo yang sudah menjemput jemaah untuk dibawa ke Tanah Air. “Bakda subuh tadi pesawat penjemput sudah berangkat, sementara pesawat yang mengalami gangguan teknis akan diperbaiki di sana [Sri Lanka],” jelas Badrus.

Badrus menuturkan keadaan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Haji Solo dalam keadaan baik. Menurutnya terdapat 374 orang yang berada dalam pesawat tersebut. Ia menganggap pendaratan darurat tersebut sebagai salah satu tindakan untuk menjaga keselamatan penumpang. “Mendaratnya kan di Bandara enggak di sembarang tempat, tentunya itu demi keselamatan para jemaah,” kata dia.

Advertisement

Badrus menuturkan permasalahan teknis pada pesawat itu adalah hal langka yang terjadi. Menurutnya kejadian itu jarang terjadi di Embarkasi Haji Solo selama ia menjabat menjadi bagian dari PPIH. Sementara, lanjut dia, sampai saat ini Debarkasi Haji Solo telah menerima 4.840 anggota jemaah haji di Asrama Haji Donohudan.

“Besok ada dua kedatangan lagi dari kloter 16 dan 17 yang berasal dari Kabupaten Demak, semoga lancar dan sesuai jadwal yang direncanakan,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif