Jogja
Rabu, 15 Oktober 2014 - 13:40 WIB

BANDARA KULONPROGO : Pendataan Awal Mulai Dilaksanakan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi bandara (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Koordinator Sekretariat Pendataan Awal Ismintarti menuturkan tahap pendataan awal dilakukan setelah sosialisasi dan menjadi dasar tahap konsultasi publik. Sesuai jadwal, sebutnya, pendataan awal dilakukan mulai 14 Oktober sampai 27 Oktober 2014 di lima desa yang terdampak.

Diterangkannya, mekanisme pendataan awal hanya mencocokkan data kepemilikan lahan yang sudah dipegang oleh tim dengan data yang dimiliki desa.

Advertisement

“Pendataan awal tidak perlu sampai turun lapangan, cukup dilakukan di kantor camat dan dilakukan bersama-sama dengan perangkat desa,” jelas Ismintarti.

Ia menjabarkan, kendala yang dihadapi dalam pendataan awal seputar kepemilikan lahan yang sudah beralih tangan tetapi tidak tercatat atau di bawah tangan. Dicontohkannya, ia menemukan tiga kepemilikan lahan di bawah tangan dari 20 data yang terdapat di Kebonrejo.

Untuk melakukan cek ulang, Ismintarti bersama dengan tim akan menelusuri lebih lanjut karena urusan tanah harus detail.

Advertisement

“Semisal belum bertemu dengan yang bersangkutan di tahap pendataan awal, penelusuran akan berlanjut pada tahap konsultasi publik,” imbuhnya.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan tahap pendataan awal bersifat fleksibel, yang penting tujuannya tercapai, yakni mengumpulkan data.

“Jadwalnya memang sebelum konsultasi publik, tetapi tidak menutup kemungkinan pendataan tetap berlangsung saat tahap konsultasi publik,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif