News
Selasa, 14 Oktober 2014 - 13:20 WIB

KURIKULUM 2013 : Modul Pendidikan Seks Tunggu Persetujuan Tokoh Agama

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (greenalvinashop.com)

Harianjogja.com, KULONPROGO–Modul kesehatan reproduksi (kespro) bagi pelajar dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas siap diluncurkan ke sekolah. Sebagai salah satu pengembangan Kurikulum 2013, modul tersebut menjadi pedoman pendidikan kespro sekaligus pendidikan seks bagi siswa di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsana mengatakan modul kesehatan reproduksi akan menjadi pegangan guru di sekolah. Modul yang baru saja diluncurkan pekan lalu itu kini dalam tahap pembahasan bersama sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pihak.

Advertisement

“Minggu lalu kami sudah melakukan soft launching. Saat ini, kami mengharapkan masukan  dari berbagai pihak terkait materi yang ada di modul tersebut. Harapannya, tidak ada lagi permasalahan tentang materi dalam modul tersebut,” ujar Sumarsana saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (13/10/2014).

Materi kesehatan reproduksi yang akan diberikan telah disusun berdasarkan jenjang pendidikan dan usia anak. Program tersebut akan diberikan di mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjaskes).  Dia mengungkapkan, mata pelajaran tersebut hanya akan diberikan satu semester di setiap jenjang.

“Hanya satu semester saja dan bukan bagian dari mata pelajaran regular. Durasi waktu yang diberikan antara satu jam hingga dua jam pelajaran,” imbuh Sumarsana.

Advertisement

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menambahkan penyampaian materi pendidikan kesehatan reproduksi tidak perlu menekankan pada persoalan seksualitas. Menurut Hasto, masih banyak materi kesehatan reproduksi buka seksualitas yang perlu dipelajari siswa.

“Kami juga siap menerima masukan dan saran dari siapapun terkait materi yang disusun tersebut. Terutama bagi para tokoh agama, agar dapat turut mengawal pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi itu,” imbuh Hasto.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif