Sport
Selasa, 14 Oktober 2014 - 06:15 WIB

GRUP A KUALIFIKASI PIALA EROPA 2016 : Islandia Bikin Kejutan, Taklukkan Belanda 2-0

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Saat gol Islandia tercipta ke gawang Belanda. Ist/detiksport

Solopos.com, REYKJAVYK — Islandia bikin kejutan dengan mengalahkan Belanda 2-0 dalam lanjutan Kualfikasi Grup A Piala Eropa 2016. Pada pertandingan di Stadion Laugardalsvollur, Selasa (14/10/2014) dinihari WIB, gelandang Swansea City Gylfi Sidgursson menjadi pahlawan bintang setelah menyumbang sebuah gol dari titik putih dan satu gol lain di babak pertama.

Bagi Belanda ini adalah kekalahan kedua seusai ditekuk Republik Ceko 1-2 di partai pertama. Dengan hasil tersebut, Belanda menghuni peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan tiga poin hasil tiga laga sedangkan Islandia di urutan teratas dengan sembilan poin, di atas Ceko yang memiliki nilai yang sama namun unggul selisih gol.

Advertisement

Di laga berikutnya, Belanda akan menghadapi Latvia dan Islandia akan berjumpa dengan Ceko pada 16 November mendatang.

Seperti dilansir detiksport, Islandia dihadiahi penalti di awal pertandingan setelah Gregory van der Wiel menjatuhkan Birkir Bjarnason di kotak terlarang. Maju sebagai algojo, Sidgursson sukses menyarangkan bola ke sudut bawah gawang. Islandia memimpin 1-0 di menit ke-10.

Belanda baru menghasilkan peluang berarti di menit ke-29. Dari kerjasama Wesley Sneijder dan Daley Blind, bola jatuh di jalur Arjen Robben. Sayang sekali, peluang yang mestinya mudah diselesaikan gagal setelah sundulan Robben ke arah tiang jauh melenceng.

Advertisement

Islandia justru berhasil memperbesar skor tiga menit sebelum turun minum menjadi 2-0. Diawali dengan situasi set piece, Sidgursson melepaskan sebuah tembakan ke tengah atas gawang Belanda yang melewati penjagaan Jasper Cillessen.

Tertinggal, Belanda bernafsu untuk mencetak gol balasan. Pasukan Guus Hiddink itu tidak berhenti menekan Islandia. Di menit ke-61, crossing Blind dari kiri diamankan Ragnar Sidgursson dari area berbahaya. Van der Wiel meneruskan bola dengan umpan silang dari kanan yang kemudian diantisipasi kiper Hannes Thor Halldorsson.

Belanda melancarkan serangan balik tapi Robin van Persie gagal menyelesaikan sebuah peluang. Belanda mengklaim penalti di menit ke-80. Menyusul handball yang dilakukan Theodor Bjarnasson tapi tidak digubris wasit. (JIBI/SOLOPOS)

Advertisement

Susunan Pemain
ISLANDIA: Halldorsson; T. Bjarnason, Arnason, R. Sigurdsson, Skulason (Savarsson 46′); B. Bjarnason, Gunnarsson, G. Sigurdsson, Hallfredsson; Sigthorsson, Bodvarsson (Gislason 89′)

BELANDA: Cillessen; Van der Wiel, De Vrij, Martins Indi, Blind; Sneijder (Huntelaar46′), De Jong, Afellay (Fer 78′); Lens (Promes 69′), Van Persie, Robben

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif