Lifestyle
Minggu, 12 Oktober 2014 - 14:15 WIB

Nikmatnya Sup Siti Hinggil Ala Hotel The 1O1

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sop Siti Hinggil Ala Hotel The 1O1 (JIBI/Harian Jogja/Humas Hotel The 1O1)

Harianjogja.com, JOGJA—Hotel The 1O1 (dibaca de one o one) Yogyakarta Tugu menyiapkan beberapa program untuk dapat dinikmati masyarakat pecinta kuliner. Program pertama adalah Nusantara Kelles, program makan malam di area kolam renang yang disajikan setiap Jumat pukul 18.00–21.30 WIB dengan harga Rp101.000 nett per orang.

Program ini sangat istimewa karena menyajikan aneka bumbu Nusantara yang disajikan secara barbecue. Menghadirkan pilihan aneka sari laut, daging segar dan makanan tradisional  seperti  garang asem yang langsung akan dimasak dihadapan para tamu.

Advertisement

“Sajian menu ini dapat dicicipi sepuasnya oleh para tamu sambil menikmati suasana kebun tropis di area kolam renang. Teristimewa pada program ini para pengunjung dapat mencicipi Signature Dish dari The 1O1 yaitu Sup Sitihinggil,” kata Executive Secretary Hotel 1O1 Jogja Dyah Retno Wikan belum lama ini.

Menurut dia, Sup Siti Hinggil ini merupakan karya Eko Setio Mardiono, Chef & Beverage Manager (CBM) The 1O1 yang gemar menciptakan kreasi masakan yang unik dan berbeda. Sejak bergabung dengan hotel yang terletak di kawasan Jalan Margo Utomo (dulu Jalan Mangkubumi), dia ingin mengangkat aneka menu Nusantara dengan sajian yang elegan. Tujuannya, para tamu akan mempunyai pengalaman unik dalam hal kuliner selama mereka tinggal di hotel. Hal ini sejalan dengan konsep hotel yang Smart Stylish Experience.

Nama tersebut diambil dari nama bangunan di Kraton Jogja yang sangat bersejarah. Keistimewaan dari sup daging sapi dan sayuran ini adalah dimasak dengan campuran air kelapa segar dengan cara dibakar. Sup ini semakin unik karena disajikan di dalam tempurung kelapa utuh. Masakan ini  cukup digemari dan akhirnya menjadi signature dish atau makanan unggulan di hotel tersebut.

Advertisement

Menu ini  lebih nikmat apabila dinikmati hangat di sore hari dengan ditemani nasi putih, sambel uleg dan jeruk nipis sebagai penyegar.
Untuk lebih memperkenalkan lagi menu unggulan ini, CBM yang lebih akrab dipanggil Eko akan memberikan resepnya supaya dapat diracik dan dimasak di rumah.

RESEP

Bahan-bahan
300 gr iga sapi tanpa tulang
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
5 lembar daun jeruk
200 ml air
300 ml air kelapa
30 gr wotel potong dadu direbus
30 gr kentang potong dadu direbus
1 buah tomat potong dadu
Sledri dan daun bawang secukupnya

Advertisement

Bumbu Halus
7 butir Bawang merah
3 butir bawang putih
2 buah cabai merah buang bijinya
10 butir lada

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif