Sport
Minggu, 12 Oktober 2014 - 06:04 WIB

GRUP D KUALIFIKASI PIALA EROPA : Polandia Taklukkan Jerman 2-0

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain dan ofisial Poland meluapkan kegembiraan seusai kalahkan Jerman. JIBI/Reuters//Kacper Pempel

Solopos.com, WARSAWA — Polandia membuat kejutan dengan menaklukkan Jerman di laga kualifikasi Grup D Piala Eropa 2016. Sang juara dunia sekaligus tim favorit, Jerman, menyerah 0-2 dari Polandia dalam pertandingan di Stadion Narodowy, Warsawa, Minggu (12/10) dinihari WIB.

Sejak awal, Jerman tampil lebih dominan tapi Polandia mampu bertahan dan paruh pertama ditutup dengan skor imbang tanpa gol. Di babak kedua, Polandia yang justru lebih banyak tertekan mampu membuka skor lewat Arkadiusz Milik di menit ke-51.

Advertisement

Gempuran bertubi-tubi Jerman dalam upaya menyamakan kedudukan tidak berhasil. Malah Polandia berhasil memperbesar keunggulannya di menit-menit akhir lewat pemain pengganti Sebastian Mila.

Dengan kekalahan ini, Jerman turun ke peringkat ketiga klasemen sementara grup dengan tiga poin di bawah Republik Irlandia, yang di laga sebelumnya menumpas Gibraltar 7-0 dengan nilai enam. Polandia di posisi teratas dengan nilai yang sama namun unggul selisih gol.

Seperti dilansir detiksport, Thomas Mueller memberi Wojciech Szczesny ujian pertama di menit ke-11. Menerima operan Mario Gotze, Mueller melepaskan tendangan kaki kanan yang kencang tapi bola bisa ditangkap.

Advertisement

Peluang paling berbahaya Jerman terlahir di menit ke-38. Umpan silang cantik Goetze dari sisi kiri, diterima Karim Bellarabi di sisi kanan. Namun sepakan Bellarabi ke tiang jauh melebar tipis.

Setelah banyak menerima tekanan, Polandia justru berhasil mencuri gol di menit ke-51. Crossing Lukasz Pizczek dari kanan, disambut Arkadiusz Milik dengan sundulan yang melewati penjagaan Manuel Neuer.

Tertinggal, Jerman kian bernafsu mencetak gol. Dari serangan balik, sepakan Schuerrle mentah di tangan Szczesny. Demikian pula tendangan jarak dekat Gotze dan upaya Erik Durm.

Advertisement

Kemenangan Polandia dipastikan Mila di menit ke-88. Dari serangan balik, bola sodoran Lewandowski disambut Mila dengan sepakan yang menembus gawang Jerman. Polandia kini memimpin 2-0. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
POLANDIA: Szczesny, Piszczek, Szukala, Glik, Wawrzyniak (Jedrzejczyk 84′); Grosicki (Sobota 71′), Krychowiak, Jodlowiec, Rybus; Milik (Mila 77′), Lewandowski

JERMAN: Neuer, Hummels, Ruediger (Krause 83′), Boateng, Durm, Kramer (Draxler 71′), Kroos, Bellarabi, Goetze, Schuerrle (Podolski 77′), Mueller

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif