Jogja
Minggu, 12 Oktober 2014 - 11:15 WIB

Ditinggal Pulang, Gudang Jati Nyaris Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kebakaran terjadi di lahan jati milik Sutrisno, 65, warga Kranon, Kepek, Wonosari, Sabtu (11/10/2014). Satu petugas pemadam kebakaran Gunungkidul Totok Tarjana, 41, mengungkapkan, lahan jati tersebut terletak di Ledoksari, Kepek, Wonosari. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

“Kebakaran bermula ketika Sutrisno membakar sampah di area ladang jati. Namun, sebelum api padam, sudah ditinggal pulang,” ujar dia kepada Harianjogja.com, Sabtu (11/10/2014).

Advertisement

Akibatnya, api merembet ke tumpukan kayu bekas pembuatan mebel yang sengaja disimpan di sekitar lokasi. Api pun merembet dan membakar sisa-sisa kayu dan daun kering di lahan tersebut.

Totok menambahkan pemadam kebakaran Gunungkidul mengerahkan dua mobil pemadam dan satu truk tangki suplai air. Selain itu juga mengerahkan sembilan personel.

“Kami memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk memadamkan api,” ujar dia.

Advertisement

Beruntung, lanjut dia, api segera dijinakkan sebelum menyambar gudang dan membakar lahan jati. Menurutnya, hanya daun kering dan tumpukan kayu yang terbakar. Totok menambahkan, kalkulasi kerugian diserahkan penuh kepada pihak kepolisian.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul Diyono menambahkan warga diminta untuk berhati-hati ketika membakar sampah. Menurut dia, warga sebaiknya membakar sampah dengan cara membuat lokalisasi misalnya lubang. Tujuannya, agar api tidak merembet ke sekitar lokasi pembakaran sampah.

“Ketika membakar sampah, alangkah baiknya jika ditunggu. Ketika akan meninggalkan tempat pembakaran sampah, pastikan dulu api benar-benar sudah padam,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif