Teknologi
Sabtu, 11 Oktober 2014 - 21:10 WIB

PENEMUAN FOSIL : Ditemukan Fosil 'Warga Tertua' Kota Paris

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, PARIS — Para ilmuwan telah menemukan benda kuno berupa fosil potongan tulang lengan kiri manusia purba di Sungai Seine di pinggiran Prancis. Mereka menemukan fosil tersebut di sebuah kubangan lumpur di dekat sungai di Tourville-la-Rivière, sekitar 100 km dari ibukota Paris.

Advertisement

Seperti diberitakan BBC yang dilansir Liputan6.com, Sabtu (11/10/2014), diperkirakan penemuan itu berusia 200.000 tahun. Jika masih hidup, pasti menjadi warga tertua di Prancis.

Fisik fosil tersebut terlihat seperti tulang manusia Neanderthal, walaupun peneliti mengatakan sangat mustahil menyimpulkan demikian tanpa fosil bagian tubuh lainnya.

Di wilayah Eropa bagian barat laut, sangat jarang ditemukan fosil manusia Neandertal selama satu abad belakangan.

Advertisement

“Ini adalah fosil tertua yang ditemukan di pinggiran Paris, dan ini adalah warga kota Paris yang tertua,” kata salah-seorang peneliti dari Universitas Bordeaux, Bruno Maureille.

Namun demikian, tim peneliti belum bisa menggambarkan secara lebih jelas tentang sosok manusia purba tersebut, karena temuan ini hanya berupa tiga tulang lengan.

“Hanya saja, karakter tulang yang terlihat kuat itu menguatkan interpretasi bahwa itu adalah tulang manusia Neanderthal,” beber tim peneliti.

Advertisement

Mereka juga memperkirakan bahwa bisa saja manusia Neanderthal itu masih berusia muda atau remaja.

Temuan kuno itu, sejauh ini telah dipublikasikan di Jurnal ilmiah Plos One.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif