News
Sabtu, 11 Oktober 2014 - 09:45 WIB

KRISIS SURIAH : Turki Dukung Oposisi Moderat di Suriah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Turki (wikipedia.org)

Solopos.com, WASHINGTON – Turki setuju mendukung upaya guna melatih dan melengkapi oposisi moderat Suriah.

Hal itu disampaikan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Jumat (10/10/2014), setelah utusan AS berbicara dengan pejabat Turki mengenai cara menghadapi kelompok fanatik.

Advertisement

“Kami sangat mengharapkan tim perencanaan DOD [Departemen Pertahanan] bisa mengunjungi Ankara pekan depan guna melanjutkan perencanaan melalui saluran militer,” kata  Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf dalam satu taklimat.

Utusan Khusus Presiden AS John Allen dan Wakilnya Brett McGurk pergi ke Turki pekan ini dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Turki, sebagai bagian dari upaya AS untuk menekan Ankara agar berbuat lebih banyak dalam memerangi kelompok fanatik Negara Islam (IS).

“Turki dapat membantu dalam banyak cara, bukan hanya dengan tindakan militer langsung,” kata Harf sebagaimana dikutip dari Xinhua, Sabtu (11/10/2014). Ia menambahkan Turki juga dapat menyediakan hak pangkalan buat militer AS untuk membantu kegiatan melawan IS.

Advertisement

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengatakan bantuan penting militer yang Amerika Serikat ingin peroleh dari Turki ialah akses ke Pangkalan Udara Turki di Incirlik dan kesepakatan untuk membantu melatih serta melengkapi pasukan moderat Suriah.

Turki, yang berbatasan dengan Irak dan Suriah, dipandang oleh para pejabat AS sebagai salah satu unsur penting rencana menyeluruh Presiden Barack Obama untuk menghancurkan IS.

Namun Ankara memiliki sasaran yang lebih mendasar, yaitu mengalahkan Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan menganggap pembentukan zona penyangga di wilayah perbatasan Suriah sebagai syarat bagi keikutsertaannya dalam koalisi melawan IS.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif